Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap
Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

Heart.id – Halo sahabat heart, admin datang lagi dengan membawa informasi tentang Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap.

Kamu pasti sudah tau beberapa waktu belakangan ini sering sekali terdengar kabar kalau Ponsel / HP yang IMEI nya tidak terdaftar di Kemenperin akan diblokir nah lho !, terutama nih untuk HP yang beredar dan dipasarkan tidak melalui Distributor resmi atau dengan kata lain HP Black Market (BM) atau ilegal.

Hp black market ( BM) memang sempat ramai peminatnya karena harganya lebih ekonomis dari pada harga yang normal. Kembali lagi pada pembahasan nomor IMEI ya gaes…

Nomor IMEI ini fungsinya menyimpan data-data penting Hp, sehingga IMEI yang terdaftar pada Kemenperin akan dianggap sebagai Hp legal atau resmi, begitu pula sebaliknya yang tidak tercatat akan dianggap sebagai Hp ilegal atau tidak resmi.

Terlepas dari apakah kita menggunakan HP dari Black Market atau tidak, sebaiknya kita juga ikut mengecek IMEI HP kita melalui situs resmi Kemenperin agar hati tenang dan lebih yakin dengan HP yang kita miliki saat ini. Kan kata orang HP itu ibarat pasangan hidup, hehehe

Apa sih IMEI? IMEI adalah dari International Mobile Equipment Identity. Tahu kah kamu IMEI setiap Hp berbeda-beda? alasannya karena merupakan identitas khusus untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh para produsen Hp, untuk itu maka Hp yang memiliki dual sim atau 2 bahkan 3 sim kartu juga akan memiliki memiliki 2 dan 3 nomor IMEI yang berbeda juga pula.

Untuk pemblokirannya sendiri juga belum pasti akan mulai kapan dilakukan, namun dari sekarang ya sebaiknya di cek dan akan seperti apa nantinya masih dalam proses pengkajian oleh pihak yang berwenang kita juga masih menunggu kabar.

Nah disini heart akan membahas mengenai cara Cek IMEI melalui situs resmi Kemenperin, beginilah caranya :

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

1. Masuk ke situs resmi Kemenperin yaitu https://imei.kemenperin.go.id/


2. Masukan nomor IMEI HP , lalu klik tombol search.

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

 Untuk mengetahui nomor IMEI HP kita caranya gampang kok, sebagian besar kamu sudah pasti mengetahuinya. Caranya kamu bisa dengan melihat pada box kemasan HP pada saat kita membeli, dengan melihat di stiker yang di tempel pada belakang HP atau dengan cara tekan *#06# pada dialpad panggilan telepon anda, jika kamu berhasil maka akan keluar nomor imeinya.


3. Jika cara ini berhasil dan nomor IMEI HP kita terdaftar maka akan keluar tulisan seperti di bawah ini:

IMEI terdaftar di database Kemenperin.

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

Bagaimana gampang sekali kan gaes, dan bagaimana hasilnya apakah terdaftar atau tidak.


Dan inilah tampilan FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan pada situs Kemeperin saat tulisan ini dibuat. 

Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap

source: aristama

Demikian tentang Tutorial Cara Cek IMEI HP Di Kemenperin Lengkap. Terimakasih sudah berkunjung, apabila ada tulisan yang kurang berkenan mohon dimaafkan, dan apabila ada yang kurang tepat silahkan dikoreksi. Salam sejahtera semoga tetap bisa berkarya.

Rekomendasi

Kunci Jawaban Tematik SD Kelas 2 Tema 2 Halaman 11 - 18

Kunci Jawaban Tematik SD Kelas 2 Tema 2 Halaman 11 – 18

Review realme 7 64MP Power Master Lengkap

Back to Top