Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

TIPS BUDIDAYA AGLONEMA

MENCACAH BONGGOL/BATANG

Sering kali kita memiliki Aglaonema yg menjulang tinggi seperti pohon kelapa. Kl rimbun dg beberapa anakan sih masih enak dilihat. Tetapi tidak jarang menjulang sendiri dan pastinya gak enak dilihat. Ada yg tanya ke saya, Sebaiknya diapain ya pohon yg seperti itu ? Nah, bagi yg blom ada gambaran silahkan ikutin cara yg sering sy lakukan…. SELAMAT MENCOBA… ! JANGAN KAPOK JIKA LONYOT ! KATA ORANG BIJAK, KEGAGALAN ITU MERUPAKAN KEBERHASILAN YG TERTUNDA…. HEHEHEHEHE…..

Berikut ini seperti yang di tulis oleh Bayu Abriansyah pada facebooknya.

Tanaman dicangkok bagian atasnya. Selama masa dicangkok kadang2 muncul anakan samping spt nampak dalam gambar. Nah, kl itu bonus…. hehehe

Cangkoknya agak beda dibanding kl kita cangkok tanaman berkambium. Tidak perlu dikerik dulu atau tidak perlu dilukai dulu bagian yg dicangkok. Langsung aja dikasih wadah dan media di tempat yg akan dicangkok. Media cangkoknya agar dipertahankan tetap lembab biar akar cepat keluar.

Setelah plastik cangkokannya dibuka, nampak akar2 yg sdh lumayan banyak.

Potong persis dibawah akar paling bawah dr cangkokan

Oleskan betadin. Tetapi untuk bbrp jenis Aglao, khususnya dr Negri Gajah Putih, agar ditunggu keluarnya lendir terlebih dahulu. Lendirnya dilap sampai kering baru diolesin betadin. Kl lendirnya msh keluar sdh ditanam, kebanyakan akan menyebabkan busuk.

Sisa bonggol/batang yg ada di atas media juga dipotong/dipenggal

Inilah batang/bonggol yg dipotong

Bonggol/batang tersebut dicacah sktr2-3 ruas. Jika ingin menanam vertikal, tandai bagian atasnya krn kl tanamnya terbalik mk sampai kapanpun tidak akan tumbuh.

Setelah dicacah, luka bekas potongannya diolesin betadin. Kl jumlah cacahannya cukup banyak, lebih efektif dan efisien direndam dalam air fungisida yg agak pekat.

Siapkan media tanam yg steril. Kl sy menggunakan sekam bakar.

Letakkan bonggol di atas sekam bakar. Sy menanamnya scr horizontal. Yg menanamnya scr vertikal, jangan sampai terbalik. Bagian atas bonggol harus di atas.

Setelah itu tutup batang/bonggol dg sekam bakar seperlunya shg msh nampak bagian bonggol sedikit di permukaan.

Semprot dg sprayer agar media tanam bagian atas tetap lembab. Kelembaban ini harus terus dipertahankan sampai munculnya tunas dan akar. Kl kering, bonggol yg ditanam akan kering dan kisut. Sementara kl terlalu becek akan menyebabkan bonggol menjadi busuk

Beri label agar tidak gelap kl tumbuh tunas… hehehe

Simpan bonggolan di tempat yg tidak terkena hujan. Kl media mau kering segera diembun.

Tanaman bagian atas siap2 dilempar di Lapak deh kl sdh 1-2 bulan.

Sekedar contoh cacahan bonggol yg tumbuh. Banyak juga yg lonyot, kelihatan banyak ruang kosong yg tidak tumbuh…. hehehe

Rekomendasi

Korlap Aksi Penolakan RUU HIP Awalnya Tak Tahu Bendera PDIP yang Dibakar: Saya Kira Bendera PKI

7 Manfaat Internet Untuk Kehidupan Yang Perlu Anda Tahu

Back to Top