Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Susun/tulis kembali abstrak tersebut sesuai dengan kaidah penulisan abstrak yang baik

POTENSI E-LEARNING MELALUI SISTEM KULIAH ON-LINE DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PEMBELAJARAN DI PRODI TATA NIAGA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FPEB-UPI


Rozmita Dewi Yuniarti
ABSTRAK. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengembangan prototype
sistem E-learning dihasilkan melalui tahapan analisis sistem, desain sistem, impelentasi


sistem, uji coba serta evaluasi. Sedangkan pengembangan model belajar hybrid learning
dilaksanakan melalui tahapan pengujian pelaksanaan kuliah full tatap muka dan full e-learning,
evaluasi pelaksanaan kuliah, perumusan model hybrid learning terbaik dan uji coba model. Uji
coba model dilakukan dengan pendekatan quasi eksperimen untuk mengetahui tingkat
efektifitas model hybrid yang dikembangkan.


Penelitian telah berhasil mengembangan prototype sistem e-learning Program Studi
Pendidikan Tata Niaga UPI. Sistem E-Learning yang dikembangkan dirasakan telah
memberikan manfaat dalam mendukung aktivitas belajar mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih
kreatif dan mandiri dalam belajar. Akan tetapi sistem e-learning tersebut masih ditemukan
beberapa kelemahan seperti pemanfaatkan fasilitas dan fitur dirasakan masih rumit dan tidak
praktis.

Penelitian ini juga telah berhasil mengembangkan model hybrid learning untuk tiga
mata kuliah yang berbeda. Kombinasi bentuk hybrid sangat dipengaruhi oleh karakterstik
setiap mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem E-learning dan
mendapatkan bentuk pemanfaatan E-Learning, dengan mengembangkan model hybrid
learning terbaik berdasarkan karakteristik mata kuliah guna meningkatkan kualitas
pembelajaran di Program Studi Pendidikan Tata Niaga UPI.

Hybrid learning merupakan
perpaduan antara metode instruksional tatap muka dengan proses belajar secara on line.


Hybrid learning memiliki peranan dalam kuliah on line dan sebagai hasilnya jumlah jam belajar
di dalam kelas dapat dikurangi. Strategi belajar di dalam sistem ini menggunakan kombinasi
antara simulasi dan kolaborasi, static web site for content, dan perkuliahan secara tatap muka.


Hasil uji coba hybrid Learning pada mata kuliah manajemen keuangan menunjukkan bahwa
nilai rata-rata partisipasi dan nilai rata-rata ujian kelompok mahasiswa peserta kuliah hybrid
learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa peserta kuliah Potensi ELearning Melalui Sistem Kuliah On-Line.

Perkembangan teknologi informasi, mendorong
munculnya berbagai aplikasi teknologi informasi dalam bidang pendidikan, salah satunya
adalah pengembangan E-learning.

Assesment penerapan E-Learning masih relatif jarang
dilakukan, penelitian E-learning umumnya diarahkan pada pencarian bentuk implementasi Elearning tanpa mempertahankan efektivitasny

BACA JUGA; Cara Menulis Abstrak

BACA JUGA; Kaidah Penulisan Abstrak

Rekomendasi

Kaidah Penulisan Abstrak

Perhatikan paragraf eksposisi di bawah ini. Temukan dan tandai bagian-bagian yang salah dalam penulisan/penyusunan kalimat dalam paragraf tersebut

Back to Top