Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat

Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat
Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat

Heart.id – Berikut ini akan kita menjawab pertanyaan: Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat langsung dan paragraf sebab akibat berurutan. Langsung saja kita simak berikut ini.

Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat

Ciri-Ciri Paragraf Sebab Akibat
1. Paragraf sebab- akibat mengikuti pola induksi. Pada awal kalimat merupakan kalimat penjelas yang merupakan sebab, kemudian di akhir kalimat merupakan kalimat utama yang juga sebagai akibat.

2. Paragraf sebab-akibat menggunakan banyak contoh masalah atau peristiwa khusus dalam pemaparannya yang bermuatan sebab di awal paragraf dan akibat di akhir paragraf.

3. Paragraf sebab-akibat memiliki Gagasan utama yang terletak pada akhir kalimat

4. Antara kalimat yang menjadi sebab dan akibat saling berkaitan.

Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat
Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat

Contoh Paragraf Sebab Akibat
Contoh 1 :

Berkembangnya peradaban umat manusia tak lepas dari perilaku konsumtif yang mengikutinya. Semakin besar jumlah populasi manusia, semakin besar pula pola konsumsi yang terjadi. Manusia secara konsumtif membutuhkan makan untuk hidup. Makanan didapatkan dari alam yang berupa buah-buahan dan lain-lain. Manusia juga membutuhkan rumah untuk berlindung. Karenannya manusia mebutuhkan kayu dari pohon untuk dijadikan bahan dasar membuat rumah.

Dari kedua ilustrasi yang digambarkan, semuanya mengorbankan sumber daya alam dalam upaya memenuhi hajat hidup manusia. Semakin besar populasi manusia, maka akan semakin besar pola konsumsi yang terjadi sehingga berdampak pada perluasan lahan dan penebangan pohon. Penebangan pohon tentu akan berdampak besar pada kelangsungan hidup manusia dan binatang. Perilaku konsumtif manusia jika tidak dikontrol dengan bijak maka dalam jangka panjang akan mengakibatkan malapetaka yang sangat besar.

Contoh 2 :

Pengguna jalan raya seperti sepeda motor dan mobil dewasa ini banyak yang tidak mengindahkan peraturan lalu lintas yang berlaku. Seperti menerobos lampu merah yang masih menyala, memacu kendaraan diatas batas maksimal, saling mendahului, bahkan ada yang merebut hak pejalan kaki dengan mengendarai sepeda motor di atas trotoar. Perilaku semacam ini sangat merugikan baik bagi pengendara itu sendiri maupun orang lain disekitarnya. Tak heran angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya.

Sumber: Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat

Demikian jawaban dari pertanyaan Sebutkan Ciri Ciri Paragraf Sebab Akibat. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi

Sebutkan Contoh Paragraf Sebab Akibat

Sebutkan Contoh Paragraf Sebab Akibat

Tuliskan 3 contoh paragraf analogi

Tuliskan 3 contoh paragraf analogi

Back to Top