Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

sebutkan ayat Al-Quran yang menjelaskan kelima prinsip kebebasan dalam Islam

PERTANYAAN;

sebutkan ayat Al-Quran yang menjelaskan kelima prinsip kebebasan dalam Islam

JAWABAN;

Pembahasan terhadap berbagai masalah di atas bertitik tolak dari beberapa ayat Al-Qur`an, antara lain:

1.  Tidak  ada paksaan untuk   (memasuki) agama (Islam), sesungguhnya  telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang sesat. Karena itu siapa yang ingkar kepada Thâgūt  dan beriman kepada Allah,  maka sesungguhnya ia  berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha endengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. 2 :256).

2. Maka berikanlah peringatan, karena sesungguhnya kamu adalah orang yang memberi peringatan.  Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka). (Q.S. 88:21-22).

3. Dan jikalau Tuhan-mu  menghendaki  tentulah semua orang yang ada di muka bumi beriman seluruhnya. Maka apakah   kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya. (Q.S 10:99).

4.  Katakanlah: Hai Ahli Kitâb marilah (berpegang) pada suatu kalimat (ketetapan)  yang  tidak ada  perselisihan antara  kami dan kamu, bahwa  kita tidak sembah  kecuali Allah dan  tidak  kita persekutukan  Dia dengan  sesuatupun dan  tidak (pula)  sebagian kita  menjadikan   sebagian yang  lain sebagai tuhan   selain dari  pada Allah,   jika  mereka berpaling,   maka
katakanlah kepada  mereka,  saksikanlah   bahwa kami  adalah orang-orang yang  menyerahkan diri (kepada  Allah). (Q.S. 3:64).

5.  Katakanlah: Siapakah yang memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan  dari bumi. Katakanlah: Allah, dan   sesungguhnya kami   atau kamu  (orang-orang  musyrik)  pasti berada dalam kebenaran atau dalam kesesatan yang nyata. (Q.S.  34:24).

6.  Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan  berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena  agama dan  tidak (pula) mengusirmu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.(Q.S. 60:8).

7.  Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli kitab   melainkan dengan  cara yangpaling baik,   kecuali   dengan   orang-orang zalim   di antara   mereka dan katakanlah: Kami beriman  kepada (kitab-kitab)  yang  diturunkan   kepada kami dan yang   diturunkan kepadamu. Tuhan  kami dan  Tuhan-mu adalah satu  dan kami hanya  kepadanya   diri. (Q.S. 29:46).

SUMBER; REPUBLIKA.CO.ID

Rekomendasi

Deskripsikan prinsip kebebasan dalam berekpresi, berpikir dan menyatakan pendapat, beragama, musyawarah, dan berpindah tempat yang dijelaskan dalam Al-Quran, serta sebutkan ayat Al-Quran yang menjelaskan kelima prinsip kebebasan dalam Islam tersebut

Piagam Madinah menunjukkan pentingnya peran umat beragama dalam menciptakan sebuah tatanan sosial politik yang adil, terbuka, sejahtera dan demokratis.

Back to Top