Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in ,

RESEP SATE KAMBING RUMAHAN EMPUK DAN LEZAT

RESEP SATE KAMBING RUMAHAN EMPUK DAN LEZAT – Halo bunda bagaimana kabarnya? Tak terasa WFH dan SFH masih saja terus berlanjut ya. Di tengah kebosanan yang selalu mampir yuk cobain resep masakan sate. Pasti anak-anak suka sekali ini bunda.

RESEP SATE KAMBING RUMAHAN EMPUK DAN LEZAT

Bunda, tahukah sate memiliki rating tinggi di masyarakat sebagai masakan yang enak? bukan hanya enak namun di gemari juga. Banyak sekali orang yang menyukainya. Tidak aneh bila di mana-mana orang menjual sate kambing. Di berbagi tempat di pelosok nusantara ada saja yang menjajakannya, tiap gang bahkan ada saja. Karenanya menu sate menjadi favorit bagi siapa saja.

Sate memang berbeda dengan kambing guling ya bunda, secara umum, kambing guling cocoknya di sajikan ketika pesta. Yaa..meskipun kedua jenis masakan ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama di panggang menggunakan arang kayu , diatas bara arang yang menyala sih bunda.

Bunda cantik, mengenai namanya, sate ada yang menyebutnya satai atau dikenal di luar negeri dengan panggilan satay. Salah satu resep masakan yang bahan dasarnya dari daging kambing (karena yang akan kita bagi adalah resep sate kambing).

Caranya sangat gampang sekali sebelumnya dipilih daging yang kemudian dipotong dengan bentuk kotak atau kubus. Lantas memakai bambu yang dipotong kecil-kecil untuk ditusukkan ke beberapa potongan daging, tusuknya beli sakarang banyak ya di pasar modern maupun pasar tradisional.

Ingat siapkan pula bumbu untuk olesan di atasnya. Meski kita bukan penjual sate yang biasa tiap hari memasaknya, tapi kita bisa membuatnya sendiri. Kita ingat saat hari raya idul adha atau kurban telah tiba. Momen yang istimewa dengan banyaknya daging kambing dibagikan gratis secara cuma-cuma kepada masyarakat dan salah satu diantaranya kita juga. Stok daging kambing yang banyak itu alangkah baiknya bila kita bisa memasaknya menjadi masakan lezat dan favorit anak-anak. Atau saat di luar moment hari raya idul qurban pun kita bisa beli daging kambing di pasar untuk selanjutnya diolah. Pastikan kalau beli, pilih daging kambing muda.

Bahan dasar sate kambing tentu saja daging kambing ya bunda. Maka untuk menghasilkan masakan terbaik tentu kita harus melakukan perlakuan khusus agar bahan tersebut berkualitas. Keluhan yang sering kita dengar dari para bunda yang memasaknya daging kambing utuk dijadikan sate yakni karena baunya yang prengus dan alot atau tidak empuk. Kadang orang itu ada yang gak suka daging kambing hanya karena bau atau teksturnya yang alot/ tidak empuk. Tentu ini masalah yang klasik kita temui.

Resep sate kambing bermacam-macam, seperti yang telah di jabarkan di atas saja juga pasti sudah terbayang namun di bawah ini kita tulis kemabli agar bunda gampang prakek.

Tiap daerah beda-beda resep sate kambingnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

RESEP SATE BUMBU KECAP

Bahan:

Daging kambing setengah kilo , potong dadu kecil. rendam dengan air kelapa.

Bumbu  Kecap:

Cabe rawit merah 15 buah , iris tipis. bila ingin lebih pedas bisa ditambahkan

Bawang merah 10 buah , iris tipis

5 sendok makan kecap manis

merica bubuk 1 sendok teh

jeruk limau 2 sendok makan

Bahan Olesan :

Daun jeruk 5 lembar , iris halus

bawang merah 10 butir , iris halus

merica bubuk 1 sendok makan

kecap manis 100 ml

air perasan jeruk nipis 2 sendok makan.

Cara Membuat Sate Kambing Enak :

Tusuk daging kambing dengan tusukan sate , biasalah seperti membuat sate pada umumnya. jangan rapat – rapat jarak antar daging dalam tusuk sate.

Campurkan merata bahan olesan.

Olesi daging dengan bahan olesan , kemudian bakar sate seperti biasa. dalam membakar sate daging nya jangan langsung terkena api. nanti bisa gosong dan keras

sambil di bakar , juga sambil sesekali olesi daging dengan bahan olesan.

bakar sate sampai matang merata.

Campur merata bumbu kecap. sajikan sate kambing dengan bumbu kecap ini

RESEP SATE KAMBING BUMBU KACANG

Bahan dan Bumbu Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

  • Tusukan sate
  • 1/4 kg daging kambing
  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 4 biji lombok
  • 6 biji cabai rawit
  • 1 ons kacang tanah
  • 1 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya
  • Terasi dan petis secukupnya
  • Garam sesuai selera atau tidak perlu
  •  

Cara Memasak Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

Pertama-tama cuci bersih daging kambing yang sudah kita persiapkan dari semua kotoran.

Setelah dicuci bersih, daging kambing kemudian dipotong kecil-kecil dadu atau menurut selera masing-masing.

Daging kambing yang sudah diiris kecil-kecil lalu ditusuk dengan tusukan sate, kemudian dicelupkan kedalam campuran kecap dan minyak goreng lalu dibakar sampai setengah matang.

Setelah daging setengah matang, lalu celupkan lagi kedalam campuran kecap, kemudian bakar lagi sampai daging betul-betul matang dan kecap meresap.

Kacang tanah, bawang putih, lombok digoreng sampai matang, petis dan cabai, aduk sampai rata dan menyatu, jangan lupa tambahkan juga kecap dan air perasan jeruk nipis.

Tuangkan bumbu kacang yang sudah dibuat diatas daging kambing yang sudah dibakar, lalu bisa ditambah dengan irisan bawang merah yang sudah digoreng maupun yang masih mentah dan juga potongan tomat.

Demikian Resep Masakan yang dapat kami berikan kali ini tentang Resep Sate Kambing Bumbu kecap dan resep sate kambing bumbu Kacang, semoga Resep yang telah kami sampaikan dapat menambah koleksi Resep Keluarga anda semuanya ya bunda, silahkan dipraktekan dirumah masing-masing. Selamat mencoba.

sumber: https://jasaaqiqahkedirikota.blogspot.com/2020/06/resep-sate-kambing-rumahan-empuk-dan.html

Demikian tadi ulasan mengenai RESEP SATE KAMBING RUMAHAN EMPUK DAN LEZAT. Nantikan resep kita lainnya lagi ya bunda.

Rekomendasi

Harapan Baru Indonesia, Pilih Sekularisme atau Islam?

ANDA INGIN LANGSING ALAMI ? BEGINI TIPSNYA!

Back to Top