Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Raup Cuan Bisnis Ikan Cupang, Modal Ratusan Ribu Dapat Untung Puluhan Juta

Harga Ikan Cupang Avatar Gordon
Harga Ikan Cupang Avatar Gordon

Pandemi ini memberikan batasan bagi masyarakat untuk beraktivitas di luar. Apalagi dengan adanya kebijakan kerja dari rumah yang membuat semua kegiatan kini dilakukan di kediaman masing-masing.

Namun, banyak orang yang memanfaatkan waktu di rumah untuk mengumpulkan pundi-pundi pendapatan lain selain gaji.

Seperti yang dilakukan Faqih. Dia rela meninggalkan pekerjaannya untuk fokus menggarap bisnis ikan cupang.

Meskipun, hanya ikan cupang, tapi menggeluti bisnis itu bisa membuat dompet Faqih tebal setiap bulannya.

“Ya bisa dibilang begitu (menjanjikan). Jadi tergantung kualitas ikan. Sama-sama ikan cupang tapi rate-nya beda dari cupang yang berkualitas dengan harga grade standar,” ucapnya saat berbincang dengan Suara.com, Jumat (2/10/2020).

Menurut Faqih, modal berbisnis ikan cupang tak akan mengocek kantong dalam-dalam. Ia hanya bermodalkan Rp 500 ribu untuk membeli display dan membeli ikan indukan.

Apalagi, makanannya pun mudah dicari, hanya mencari jentik nyamuk atau dalam bahasa awam ‘encu’ di selokan rumah atau di jalan raya.

Begitupun untuk wadah ikan cupang, pria yang memiliki hobi sepeda ini bilang masyarakat bisa memanfaatkan wadah yang tak terpakai di rumah untuk wadah ikan cupang.

“Kalau makan cupang itu modalnya nggak banyak, asal mau aja kita pagi-pagi bangun nongkrong depan got untuk nyerokin encu gratis dari selokan. Tapi nggak bisa langsung kasih makan, dibersihin dulu biar ikan juga engga sakit. Sebenarnya wadah apa saja pakai apa aja bisa untuk buat ikan,” tuturnya.

Dari segi harga, harga ikan cupang beragam. Bahkan, ungkap Faqih harga ikan cupang berjenis Blue firm bisa mencapai jutaan rupiah. Tetapi, ada juga harga cupang yang masih terbilang enteng dikantong.

“Blue Firm paling mahal, ada seller sampai jutaan rupiah, kalau saya Rp 35 ribu – Rp 250 ribu,” jelas dia.

Pendapatan puluhan juta

Ikan Cupang yang dijajakan penjualnya. [Dok Pribadi]
Ikan Cupang yang dijajakan penjualnya. [Dok Pribadi]

Faqih menyebut, bisa mengumpulkan pendapatan setiap bulan sebanyak Rp 5 juta per bulan. Dengan raihan itulah yang membuat tekad faqih bulat terjun di bisnis ikan cupang.

Dia juga bilang, kalau pemasaran ikan cupang terbilang unik. Ia pun menggunakan platform media sosial instagram dengan langsung menawarkan ke konsumen.

Dengan jangka waktu satu jam, ia bisa mumupuk pendapatan sebanyak Rp 1,2 juta.

Berbeda dengan Faqih, Rewa yang juga pembudidaya ikan bisa meraup pendapatan bisa sampai puluhan juta.

Namun sayangnya, Rewa tak menyebut angka pasti terkait pendapatannya sebulan.

Hanya saja, ia mengakui bahwa bisnis ikan cupang sangat menjajikan dari bermodal ratusan ribu bisa mendapat puluhan juta.

“Saya kan distributor, jadi modalnya beli indukan saja. Sebulan kita bisa jual 2.000 ikan cupang. Pendapatannya bisa dibilang puluhan juta,” pungkas dia.

sumber: suara.com

Rekomendasi

Ruhut: Mas Gatot Nurmantyo Salah Bergabung di KAMI

Harga Ikan Cupang Avatar Gordon

Cara Ternak Ikan Cupang Lengkap, dari Memilih Induk sampai Panen

Back to Top