Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya

Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya
Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya

HEART.ID – Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya. Emas merupakan logam mulia yang paling banyak diminati oleh masyarakat, bukan hanya untuk digunakan sebagai perhiasan tapi juga untuk investasi.

Emas dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi yang aman karena meskipun harga emas tergolong fluktuatif namun harga emas tidak pernah jatuh terlalu jauh.

Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya

Bahkan, di tengah pandemi yang melanda dunia tahun ini harga emas terbilang cukup stabil dan sempat mengalami kenaikan yang signifikan di awal tahun 2020.

Pergerakan Emas tahun 2020

Dilansir dari tempo.co, pada minggu pertama Januari 2020 harga emas berada di angka Rp. 771.000 per gram, lalu dalam kurun waktu seminggu harga emas kian meningkat hingga menyentuh angka Rp. 860.000 per gram.

Setelah terus merangkak naik, harga emas mengalami penurunan pada pertengahan bulan Maret yaitu senilai Rp. 810.000 per gram.

Seakan tidak mau terus berada di posisi bawah, harga emas melesat naik sampai dengan angka kenaikan tertinggi di bulan Agustus yaitu mencapai Rp. 1.028.000 per gram.

Hal ini disebabkan oleh tingginya minat masyarakat terhadap emas ditengah masa pandemi. Seiring meningkatnya risiko perekonomian global, orang berbondong-bondong mengamankan asetnya ke dalam bentuk emas karena emas merupakan instrumen investasi safe haven.

Dilansir dari KitCo, pada bulan September Mike McGlone yang merupakan ahli strategi di Bloomberg Intelligence menyatakan bahwa reli harga emas baru saja dimulai dan artinya harga emas masih akan terus mengalami kenaikan sampai dengan akhir tahun 2020.


Resesi Global Mendukung Kenaikan Harga Emas

Salah satu penyebab harga emas kian menguat adalah resesi secara global.

Emas yang dianggap sebagai instrumen investasi aman menjadikan emas menjadi buruan para investor.

Bank sentral di berbagai negara pun juga berlomba-lomba memburu emas yang menyebabkan permintaan emas secara global kian meningkat.

Sebenarnya, safe haven favorit dari masa ke masa bukan hanya emas tapi juga ada dollar Amerika Serikat (AS).

Namun, kondisi pandemi yang melanda dunia termasuk Amerika Serikat dan juga kondisi internal politik AS yang dinilai kurang baik menjelang pemilihan Presiden di bulan November tahun 2020 menyebabkan Dollar AS kehilangan pesonanya karena di nilai cukup berisiko.


Prediksi Harga Emas 2021

Dilansir dari Lokadata.id, Ibrahim yang merupakan Direktur TRFX Garuda berjangka, menyebutkan bahwa penyebab meroketnya harga emas merupakan persoalan geopolitik di laut Cina Selatan yang kian memanas ditengah kondisi pandemi yang belum mereda.

Pada awal September tahun 2020, harga emas dunia berada di posisi USD 1.937,8 per troy ons atau setara dengan kenaikan 0,3% jika dibandingkan dengan posisi akhir Agustus 2020.

Goldman Sachs yang merupakan Bank Investasi ternama memperkirakan harga emas akan terus merangkak naik sampai hingga USD 2.000 per troy ons.

Kenaikan ini bisa terjadi akibat meningkatnya kekhawatiran terhadap kondisi Dollar AS yang merupakan mata uang cadangan terkuat di dunia.

Bank of America (BofA) telah merilis prediksi mereka terhadap pergerakan harga emas yang menyatakan bahwa harga emas mungkin akan menyentuh angka USD 3000 per troy ons atau sekitar Rp. 1.600.000 dalam jangka waktu 18 bulan kedepan.

Sebelumnya, BofA telah prediksi harga emas rata-rata untuk tahun 2021 paling tidak akan mencapai angka USD. 2.063 yang berarti hasil analisis BofA ini menunjukkan keuntungan 50% dari target yang ada sebelumnya yaitu USD 2000 / troy ons.

Prediksi tersebut ditentukan dari berbagai faktor yaitu situasi dollar AS dan juga tingkat volatilitas pasar ekuitas yang terpantau cukup tenang.

Wallet Investor juga memperkirakan harga emas bisa mencapai angka USD 2.243/ troy on di akhir tahun 2021 yang artinya potensi upside emas adalah 15,7% dari posisi sekarang.

Tips Investasi Emas

Meskipun harga emas cenderung stabil, tapia da beberapa hal yang kamu harus perhatikan ketika ingin berinvestasi emas agar investasimu semakin aman dan menguntungkan:

  • Tentukan Tujuan

Emas merupakan instrument investasi yang cocok untuk jangka panjang, oleh karena itu apabila kamu ingin berinvestasi jangka pendek mungkin emas bukan menjadi pilihan yang tepat.

Investasi emas sangat cocok jika ditujukan untuk dana pensiun, karena apabila bicara dana pensiun mungkin kamu masih memiliki setidaknya 20 tahun sebelum masa pensiun kamu.

Jika diakumulasikan, dalam jangka waktu 20 tahun keuntungan yang akan kamu dapatkan dari emas bisa dikatakan sangat besar, hal ini tentunya berkaitan dengan perubahan harga dari emas itu sendiri dan juga efek compounding.


  • Pantau Harga Secara Berkala

Meskipun tergolong aman tapi bukan berarti kamu tidak memantau pergerakan harga emas.

Lagipula, di zaman sekarang mengecek pergerakan harga emas bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan karena kamu bisa saja mengecek melalui smartphonemu.

Untuk meningkatkan keuntungan dari investasi emas, kamu bisa membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjual kembali ketika harga sedang naik.

Dengan mengecek harga secara berkala, secara tidak langsung kamu akan memiliki kemampuan prediksi harga mingguan.


  • Pastikan Keaslian Emas

Tingginya permintaan emas terkadang membuka peluang bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat emas palsu.

Oleh karena itu, pastikan selalu membeli emas di tempat yang terpercaya dan juga pantau pergerakan harga emas supaya kamu mengetahui perkiraan harga emas yang akan kamu beli.

Ingat! Jangan tergiur harga murah, karena emas asli tidak akan dibanderol jauh dari harga pasaran yang ada di masyarakat.


  • Tentukan Jumlah

Investasi erat kaitannya dengan komitmen, apalagi jika kamu ingin investasi untuk dana pensiun.

Jadi, ada baiknya kamu tetapkan jumlah minimal investasi emas kamu tiap bulannya.

Misalnya saja, dalam sebulan kamu harus sisihkan pendapatan untuk menabung emas minimal 1 gram.

Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka dalam satu tahun kamu sudah mempunyai tabungan pensiun sebanyak 12 gram.

Jika 1 gram seharga 1 juta saja, pada akhir tahun kamu sudah punya 12 juta, kan!


Mulai Investasi Emas

Melihat prediksi harga emas yang kian meningkat, maka memutuskan untuk segera berinvestasi emas adalah keputusan yang bijak.

Saat ini untuk memulai investasi emas kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang langsung banyak, karena sekarang sudah ada investasi emas digital

sumber: koinwork.com

Rekomendasi

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?

Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)?

Apa Itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)?

Back to Top