Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in ,

PPDB Kabupaten Buka Jalur Zonasi, Afirmasi, dan Perpindahan Orang Tua

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP negeri bergulir lagi. Besok (22/6) giliran jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua yang dibuka. Untuk jalur zonasi, pendaftar diberi kesempatan memilih tiga sekolah dalam satu zona atau wilayah.

“Calon peserta didik baru jenjang SMP yang menggunakan jalur zonasi mendapat kesempatan memilih paling banyak tiga sekolah pilihan secara berurutan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko.

Untuk pemilihan tersebut, yakni sekolah pilihan pertama, kedua, dan ketiga, harus dalam satu wilayah. Adapun yang menggunakan jalur selain jalur zonasi, yakni afirmasi dan perpindahan orang tua hanya mendapat kesempatan memilih satu sekolah pilihan.

“Calon peserta didik hanya diperkenankan memilih satu jalur pada zonasinya,” tegas Sujud.

Sujud menjelaskan pendaftar jalur zonasi yang tidak diterima di sekolah pilihan pertama otomatis bergeser ke sekolah pilihan berikutnya. Hal itu bisa diketahui dari hasil seleksi sementara.

Sedangkan bagi yang sudah tidak diterima di semua sekolah pilihan dapat langsung melakukan penggantian 3 sekolah pilihan yang baru dalam satu wilayah tanpa harus melakukan proses pencabutan. Tentu dalam hal ini yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah pagu yang dibutuhkan di masing-masing sekolah tujuan.

“Untuk jumlah pagu bisa dilihat di juknis yang ada di website ppdb,” ungkapnya.

Untuk zonasi, terbagi dari empat wilayah. Yakni wilayah eks Korcam Pare, wilayah eks Korcam Papar, Wilayah eks Korcam Ngadiluwih, dan wilayah eks Korcam Grogol. Dalam sistem kuotanya nanti, Sujud menyampaikan, ada pengecualian bagi daerah-daerah irisan. Yakni daerah yang letaknya di pinggiran kabupaten. “Ada keistimewaan bagi daerah irisan tersebut karena jauh dari sekolah,” jelasnya.

Nanti untuk daerah-daerah tersebut akan diambil dari peringkat pada masing-masing SD. Seperti wilayah Kecamatan Ngancar yakni Desa Babadan, Desa Sempu dan Desa Sugihwaras. Kemudian di Kecamatan Wates ada Desa Janti dan Desa Sidomulyo. Termasuk Desa Jlumbang di Kecamatan Kandangan akan jadi prioritas yakni dengan sistem peringkat.

(rk/baz/die/JPR)

Sumber: jawapos.com

Rekomendasi

Dapat Keringanan Listrik, Fadli Zon Keluhkan Kelebihan Bayar Tak Dikembalikan: Saya Debat dengan PLN

SANTER KABAR Michael Jackson Masih Hidup, Ibunda Sebut Makamnya Kosong, Muncul Sosok Mirip Jacko Ini

Back to Top