Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69)

Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69)
Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69)

Heart.id – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikut ini admin heart sajikan materi Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69) berikut ini yang merupakan kunci jawaban buku tematik lengkap khususnya tematik tema 9 kelas 4 dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua, khususnya di saat pandemi covid- 19 belum usai.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 9, klik disini

Kunci Jawaban Buku Tematik Lengkap 2020 / 2021, klik disini

Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69)

Organisasi wahana lingkungan hidup Indonesia (WALHI) kepulauan Bangka memberikan satu contoh pengembangan teknologi ramah lingkungan. Krisis listrik di Kepulauan Bangka Belitung dijawab WALHI dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya.

Pembangkit listrik tenaga surya ini berada di Desa Rebo, Sungai Liat Bangka. Kini Listrik dari tenaga surya ini sudah mampu mengaliri rumah-rumah warga 24 jam penuh.

Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya.


Pembangkit listrik yang dikembangkan oleh WALHI dan organisasi dari Korea Selatan ini dirakit dengan melibatkan peran serta warga. Tujuannya agar warga dapat sambil belajar. Dalam pengoperasiannya, pembangkit listrik tenaga surya ini dikelola oleh Koperasi Hijau.


Koperasi hijau mengelola mulai dari menarik biaya listrik ke rumah warga, manajemen keuangan, sampai perawatan dan hal-hal teknis lainnya. Anggota koperasi adalah warga masyarakat.

Dengan demikian wargapun akan aktif berperan dalam menggunakan dan merawatnya. Meskipun demikian, WALHI juga tidak lepas tangan begitu saja. WALHI turut mengawasi dan melakukan pembinaan.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.
1. Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu?

2. Apakah penel surya itu?
 
3. Perubahan energi apakah yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga surya?

Sumber: DAMARUTA.COM

Demikian artikel tentang Perubahan Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 69). Terimakasih sudah mengunjungi laman heart dan membaca semua materi tentang soal dan  jawaban yang ada pada buku tematik semoga materi dari laman heart tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Kapal Otok-Otok, Mainan Kapal Uap (Halaman 72)

Kapal Otok-Otok, Mainan Kapal Uap (Halaman 72)

Kewajiban dan Hak Sebagai Warga Masyarakat (Halaman 64)

Back to Top