Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA adalah

HEART.ID – Inferensi adalah kesimpulan sementara dari pengamatan. Dengan membuat inferensi berarti sama halnya merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan yang dimaksud yang itu penjelasan yang digunakan untuk menemukan hubungan-hubungan/pola-pola antar aspek yang sedang diamati. Di samping itu juga, penjelasan ini bisa pergunakan untuk membuat prediksi. Inferensi juga dapat disebut dengan hipotesa awal.

Infrensi sendiri dalam bidang sains dibagi menjadi 2 yaitu induksi, dan deduktif , Pada argumen induktif, kesimpulan akibat dari data premis yang  masih merupakan kemungkinan belaka,  sedangkan dalam argumen deduktif data premis benar-benar mengakibatkan  terjadinya kesimpulan secara pasti.

1. Inferensi Induksi

Penarikan kesimpulan (inferensi) dari premis  terhadap konklusinya bisa benar tetapi juga  bisa salah, yaitu menggunakan kemungkinan kemungkinan yang ada

contoh

1) Semua kucing yang saya lihat warnanya putih

2) Saya telah melihat banyak kucing

3) Jadi, semua kucing warnanya putih

Pernyataan (1) dan (2) merupakan data, dan sepintas seperti argumen yang  baik, karena data premis memberi  akibat yang logis terhadap kesimpulannya. walaupun begitu cara ini masih dibilang “mungkin”

2. Inferensi Deduksi

Penarikan kesimpulan (inferensi) argumen  yang tepat tanpa berdasarkan kemungkinan  disebut inferensi deduktif.

contoh

1) Semua hewan akan mati

2) patrick adalah nama seekor binatang peliharaan

3) Jadi, patrick akan mati  

sumber: brainly.co.id

Rekomendasi

Universitas terbuka adalah

Pengertian Omnibus Law

Back to Top