Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Membuat Bagan dari Bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot” (Halaman 42)

Membuat Bagan dari Bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot” (Halaman 42) – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikuti ini admin heart sajikan materi berikut ini dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Membuat Bagan dari Bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot” (Halaman 42)

Gerakan otot diafragma saat bernapas

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma.

Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.


 Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang  rusuk kita sehingga paru-paru membesar. 


Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida. 


***
Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas. 

Kamu dapat mencari referensi lain yang lebih lengkap misalnya seperti ini:


Bagan Pernafasan Perut 

Bagan Pernapasan Dada

Sumber: damaruta

baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Lengkap 2020 / 2021

baca juga: Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2

Demikian tentang Membuat Bagan dari Bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot” (Halaman 42). Terimakasih sudah membaca semoga materi tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Bagaimana Pengaruh Otot Diafrgama Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia? (Halaman 44)

Diskusi – Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor (Halaman 49)

Back to Top