Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Melihat Jejak Merapi di Kaliadem (Halaman 38)

Melihat Jejak Merapi di Kaliadem (Halaman 38) – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikuti ini admin heart sajikan materi berikut ini dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Melihat Jejak Merapi di Kaliadem (Halaman 38)

Kaliadem terletak di lereng Gunung Merapi di Yogyakarta. Dahulu tempat ini terkenal sebagai lokasi perkemahan yang asri.

Fasilitas di areal wisata Kaliadem dahulu cukup komplit. Ada pendopo, gedung pertemuan, kios-kios, warung, gardu pandang, lapangan untuk perkemahan, toilet, dan sebagainya.

Akan tetapi, setelah Merapi meletus pada bulan Juni 2006, sebagian besar fasilitas itu lenyap terkubur lahar.


Saat ini, wisata Kaliadem sudah berubah nama menjadi Lava Tour Kaliadem. Sebagian besar pemandangan Kaliadem berupa hamparan pasir dan batuan bekas lahar.

Di sana, ada bunker atau rulinda (ruang lindung darurat). Bunker ini dibangun untuk tempat berlindung jika tiba-tiba Gunung Merapi menyemburkan awan panas.

Di dalam bunker ini ada kamar mandi, tabung oksigen, masker, listrik, dan perlengkapan lainnya. Pintunya dua lapis terbuat dari lempengan besi setebal 3 cm. 


(Sumber: http://bobo.kidnesia.com, diunduh pada 6 Desember 2015).


***


Dari bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem” kamu mengetahui salah satu lagi jenis usaha, yaitu usaha pariwisata.  


• Di mana kamu tinggal? ….

• Apakah di daerah tempat tinggalmu ada jenis usaha pariwisata? ….


• Bagaimana pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat?

Jawab:Dengan adanya usaha pariwisata kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik karena para penduduk mendapat uang yang lebih dari adanya usaha pariwisata tersebut, misalnya warga yanga da di sekitar perairan terutama di pantai dan di tempat wisata air, warga dapat menyewakan kapal yang dapat membantu para pengunjung untuk mengelilingi tempat wisata tersebut.

Sumber: damaruta

baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Sekolah

baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Lengkap 2020 / 2021

Demikian tentang Melihat Jejak Merapi di Kaliadem (Halaman 38). Terimakasih sudah membaca semoga materi tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Mengapa Ada Berbagai Jenis Usaha (Halaman 40)

Bagaimana Pengaruh Otot Diafrgama Terhadap Proses Pernapasan Pada Manusia? (Halaman 44)

Back to Top