Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Mau Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021? Cek di Sini

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memaparkan siapa saja yang berhak menerima bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2021.

Disampaikan Nadiem bahwa mereka yang sudah menerima bantuan kuota internet pada November-Desember 2020, dipastikan akan secara otomatis terisi paket datanya di bulan Maret ini.

“Kecuali bagi mereka yang telah menerima bantuan tapi penggunaannya di bawah 1GB, artinya tidak digunakan dengan berbagai macam alasan, itu tidak diberikan kuota internet kali ini,” ujar Mendikbud, Senin (1/3/2021).

Nadiem juga menambahkan pemimpin satuan pendidikan tidak perlu mengunggah SPTJM lagi untuk yang sudah menerima bantuan pada bulan November-Desember 2020.

Terkait nomor penerima bantuan kuota internet Kemendikbud yang kali ini berubah dari sebelumnya, begitu juga pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen yang tidak mendapatkan subsidi kuota gratis pemerintah tahun lalu, memungkinkan menerima bantuan tersebut.

“Mereka akan menerima bantuan kuota internet di bulan April 2021, tidak bisa di Maret,” ucapnya.

Sementara itu, Nadiem juga mengungkapkan kalau pemimpin/operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi)

Adapun persyaratan penerima bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 mengacu pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 4 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.

“Harapan saya dengan adanya kuota ini dalam tiga bulan ke depan, dengan fleksibilitas yang jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya, bisa membantu transisi dalam waktu beberapa bulan ini mengantisipasi mulai (belajar) tatap muka

Lebih lanjut, Mendikbud menyampaikan, seperti arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), semua guru dan dosen yang sekitar berjumlah lima juta orang akan dilakukan vaksinasi COVID-19.

“Semua guru dan dosen, lima juta lebih dari mereka, harapannya insya Allah akan divaksinasi sampai akhir bulan Juni, sehingga tahun ajaran baru, semua sekolah proses tatap muka, walaupun dengan tahap terbatas,” pungkasnya. [ detik.com]

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud 2021, Ini Rinciannya

Bantuan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) jilid II siap disalurkan pada bulan Maret ini. Berbeda dari sebelumnya, subsidi kuota data kali ini lebih kecil.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan, perubahan besaran kuota internet Kemendikbud pada kali ini berdasarkan hasil masukan dari masyarakat.

Selain itu, perubahan ini juga untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaan bantuan kuota internet Kemendikbud.

Sebagai informasi, bila sebelumnya terdapat pemisahan kuota yang terdiri dari Kuota Belajar dan Kuota Umum. Namun bantuan kuota internet Kemendikbud untuk Maret-Mei 2021 ini hanya terdapat Kuota Umum saja.

“Jadi, di 2021, kita akan memberikan kuota GB yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya, tetapi kuota ini merupakan kuota umum, jadi bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir,” ujar Nadiem, Senin (1/3/2021).

Nadiem melanjutkan hanya ada kuota umum saja di bantuan kuota internet Kemendikbud, penerima manfaat dari program ini bisa mengakses seluruh laman dan aplikasi dalam memenuhui kebutuhan belajar online, kecuali laman dan aplikasi yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Artinya, bantuan kuota internet 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran,” kata Mendikbud.

Berikut perbedaan bantuan kuota internet Kemendikbud sebelumnya dan yang bulan ini akan disalurkan:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Siswa PAUD sebelumnya mendapatkan bantuan kuota internet Kemendikbud total 20GB, terdiri dari 5GB merupakan Kuota Umum dan 15GB Kuota Belajar. Maka sekarang menjadi 7GB per bulannya.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Pemerintah menyalurkan kuota internet Kemendikbud untuk pelajar di jenjang ini 35GB per bulan dengan rincian 5GB Kuota Umum dan Kuota Belajar 30GB. Kali ini hanya 10GB per bulannya.

3. Pendidik PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Guru dari mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA kesemuanya mengantongi total bantuan kuota internet Kemendikbud sebesar 42 GB, yang mana rinciannya Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 37GB. Sekarang berubah menjadi 12GB per bulannya

4. Mahasiswa dan Dosen

Sedangkan bagi mahasiswa dan dosen sama-sama menerima 50GB di bantuan kuota internet Kemendikbud, Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 45GB. Kali ini hanya mendapatkan 15GB per bulan

sumber; detik.com

Rekomendasi

Cara Daftar BLT UMKM BRI Maret 2021 & dapatkan Rp 2,4 Juta

Ikatan Cinta Malam Ini Selasa 2 Maret 2021 : Elsa Digugat Cerai Nino

Back to Top