Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6
Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

HEART.ID – Sahabat heart, tetap semangat ya. kamu semangat aku juga semangat. Okey, biar tambah semangat nih aku bisikin Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6. Selamat belajar ya.

Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

Berikut adalah Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6:

Soal TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

1.     Tuliskan manfaat rantai makanan dalam ekosistem!

2.     Apa yang akan terjadi jika salah satu rantai makanan dalam suatu ekosistem punah atau hilang? Jelaskan!

3.     Bagaimana caranya agar keseimbangan ekosistem dapat berjalan dengan baik?

Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6

1.     Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu yang membentuk rangkaian lurus, sederhana dan tidak bercabang.

Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen,  konsumen, dan dekomposer.

Manfaat rantai makanan dalam ekosistem adalah jika rantai makanan berjalan dengan baik maka ekosistem berjalan dengan baik, jika rantai makanan tidak seimbang maka akan terjadi kepunahan terhadap spesies tersebut.

Jika dijabaran secara lengkap berikut manfaat rantai makanan:

–      Interaksi Langsung Antar Spesies

Interaksi langsung akan terjadi saat dua spesies tidak berinteraksi secara langsung namun dipengaruhi dengan spesies ketiga. Spesies nantinya bisa saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain lewat berbagai cara. 

–      Memberi Bentuk Dalam Ekosistem

Ekosistem hadir agar bisa memanfaatkan sumber energi dan juga siklus materi. Diawali dari matahari yang kemudian digunakan organisme fotosintesis kemudian mengalir lewat tingkat trofik dan materi akan digunakan berkali kali.

–      Mendukung Pemangsa Puncak

Rantai makanan juga sangat penting untuk mendukung pemangsa puncak dimana beberapa diantaranya merupakan hewan pemangsa langka yang hampir punah.

–      Membantu Ekosistem

Predator memang tidak selalu secara langsung bisa mengendalikan ukuran populasi mangsa mereka. Namun predator bisa meningkatkan kesehatannya dengan cara menyingkirkan individu yang berpenyakit atau mengalami gangguan. Dengan ini, jumlah predator dalam rantai makanan tetap bisa dikendalikan yang akan terus terjadi secara berkelanjutan.

–      Menyediakan Makanan

Dalam tingkat tropik pertama yakni organisme memiliki tugas untuk menyediakan makanan berupa tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau mampu untuk menghasilkan zat makanan sendiri dengan bahan sederhana yang ada di lingkungan seperti gas, air, klorofil, cahaya matahari dan karbon dioksida melalui manfaat fotosintesis. 

–      Menggunakan Zat Makanan

Dalam tingkat tropic kedua yakni organisme akan menggunakan zat makanan yang sudah dihasilkan manfaat tumbuhan hijau sebagai produsen. Organisme dalam tingkat ini yang disebut dengan konsumen primer atau konsumen pertama seperti hewan pemakan tumbuhan akan menggunakan zat makanan tersebut agar bisa bertahan hidup.

2.   Jika salah satu rantai makanan dalam suatu ekosistem punah atau hilang maka Yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu.

Contoh, bila ular di sawah punah maka populasi tikus akan meningkat. Akibatnya merusak tanaman padi di sawah dan para petani akan merugi. Contoh lain, bila sumber makanan di hutan habis karena penebangan pohon atau kebakaran hutan, maka hewan-hewan yang ada di dalam hutan akan mencari makanan hingga pemukiman penduduk, akibatnya akan mengganggu keamanan warga.

3.     Caranya agar keseimbangan ekosistem dapat berjalan dengan baik diantaranya:

–      Menjadi konsumen yang bijak

Seperti mengurangi batsan untuk mengkonsumsi minyak dari kelapa sawit atau juga bahan sejenisnya karna sangat berpengaruh untuk ekosistem di hutan sana

–      Melakukan tebang pilih

Misal saja pilih pohon yang dirasa sudah tua dan akan roboh. Bukan malah menebang asal pohon dan menebang pohon yang muda juga.

–      Kurangi bahan bakar fosil

Misalnya dengan memakai sumber energi alternatif. Seperti saja sinar matahari atau angin yang dapat mengganti sumber batu bara. Hal yang lainnya yang dapat kita lakukan masih terkait hal ini adalah dengan cara membatasi penggunaan kendaraan bermotor dan lebih memilih untuk berjalan kaik atau naik sepeda ke tempat yang dekat.

–      Berhenti membuang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan dapat merusak lingkungan sekitar kita.Sampah yang paling berbahaya salah satunya adalah logam. bahaya logam sangat buruk untuk kebutuhan mahluk hidup, terutama pada binatang.

–      Menjaga kelestariannya bersama organisasi

Saat ini sudah banyak organisasi non pemerintah yang dapat dijadikan patokan untuk dapat menjaga kelestarian ekosistem. Baik itu yang berada di perairan maupun yang berada didaratan. Seperti WWF dan Greenpeace, yang kontribusi untuk lingkungannya sudah tidak dapat diragukan lagi.

–      Memberikan sanksi tegas terhadap oknum-oknum terkait

Pemerintah harus membuat peraturan yang tegas dan memberi sangksi yang berat untuk oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu. Pemberian sangksi ini bertujuan agar oknum-oknum tersebut mendapat pelajaran dan menyesal atas perbuatannya.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Soal dan Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6, Belajar TVRI Tentang Jaring-jaring Makanan, https://pontianak.tribunnews.com/2020/10/05/soal-dan-jawaban-tvri-selasa-6-oktober-2020-sd-kelas-4-6-belajar-tvri-tentangjaring-jaring-makanan?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

Okey sahabat Heart.id itu tadi Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 4-6. Semoga dapat bermanfaat.

Rekomendasi

Game Petualangan Android Offline Terbaik 2020

Game Petualangan Android Offline Terbaik 2020

Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 1-3

Kunci Jawaban TVRI Selasa 6 Oktober 2020 SD Kelas 1-3

Back to Top