Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 8 9 10 11 12 13

Berikut kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 halaman 1-13 Subtema 1 Pembelajaran 1:

Kunci Jawaban Halaman 1

Perhatikan gambar-gambar di atas (dalam buku).

1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?

Jawab: Lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah menunjukkan anak-anak sedang menanam bibit tanaman

2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?

Jawab: Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia

3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?

Jawab; Semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi

4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?

Jawab; Lingkungan akan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia

5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?

Alternatif jawaban 1:

Kondisi lingkungan sekitar saya cukup baik. Masih banyak pepohonan dan penanganan sampah tertata dengan baik.

Alternatif jawaban 2 :

Kondisi lingkungan sekitar saya kurang baik. Masih banyak sampah yang berserakan, dan hal ini menimbulkan ketidaknyamanan hidup.

Kunci Jawaban Halaman 3

Kamu telah membaca bacaan “Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta berikut.

Tema 8 Kelas 5 Hal 3
Tema 8 Kelas 5 Hal 3 (ISTIMEWA)

Kunci Jawaban Halaman 4

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di Bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di Bumi? Ayo, diskusikan

Tema 8 Kelas 5 Hal 4
Tema 8 Kelas 5 Hal 4 (ISTIMEWA)

Kunci Jawaban Halaman 8

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut.

1. Ceritakan gambar di atas

Jawaban :

Tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.

2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan

Jawaban :

Proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.

Air dari laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Penguapan ini disebut Evaporasi. Lama-kelamaan, udara tidak dapat menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut Presipitasi (Pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut Kondensasi (pengembunan). Selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan selanjutnya tertampung di sungai, danau, dan laut. Air kembali menguap, sehingga proses tersebut kembali terulang. Jumlah air di Bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Kunci Jawaban Halaman 10

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu guru

Kunci Jawaban Halaman 13

Jelaskan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskanlah dalam kotak berikut, lalu bacalah di depan teman-teman dan Bapak/Ibu Guru.

Suatu hari, Beri si Beruang mengeluh karena mata air terlihat semakin sedikit. Beri si Beruang melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci untuk mengambil air di mata air tersebut. Beri mengancam Semut, namun Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan ancaman Beri. Beri beruang marah dan mencari Semut, namun tidak ketemu. Akhirnya dengan jengkel Beri kembali ke sarangnya di dekat pohon oak.

Semut-semut yang menunggu di lembah Semut gelisah karena kehausan. Akhirnya semut-semut yang haus berbaris menuju mata air. Salah satu semut melihat guci air milik Semut Hitam yang tergeletak di jalan. Mereka berpikir Semut Hitam telah mendapat masalah.

Seekor kelinci mencoba melarang semut agar tidak pergi ke mata air tersebut. Akan tetapi semut-semut itu tidak takut dan akan pergi menuju sarang Beruang. Di tengah jalan seekor Tupai mengingatkan Semut agar tidak ke rumah Beruang yang sedang marah. Semut-semut tersebut tidak peduli dan menuju sarang Beruang. Sampai di depan pohon oak tua tempat sarang Beruang, mereka menggali sebuah lubang. Seekor tikus tanah yang juga pernah diancam Beruang membantu Semut menggali jebakan.

Beri beruang kembali ke sarangnya dalam keadaan kenyang. Saat Beri teringat ulah semut hitam, ia kembali marah dan mencakar ke segala arah. Ia menghentakkan kakinya ke lantai sarangnya dan terjatuh karena lantai sarangnya jebol karena sudah dibuat rapuh oleh para semut. Akhirnya Beri si beruang jatuh ke dalam lubang di bawah sarangnya.

Semut-semut itu akhirnya hidup damai di lembah semut. Semut Hitam saudara mereka juga sudah kembali ke rumah. Ternyata ia hanya terpeleset di jalan. Para semut akhirnya bebas pergi mencari makan dan minum di hutan.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 8 9 10 11 12 13 Buku Tematik Judul Manusia dan Lingkungan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/21/kunci-jawaban-tema-8-kelas-5-sd-halaman-8-9-10-11-12-13-buku-tematikjudul-manusia-dan-lingkungan?page=all.
Penulis: Syahroni
Editor: Syahroni

Rekomendasi

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 Halaman 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84

KUNCI Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 70 71 72 73

Back to Top