Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 6 Halaman 103 104 105 106

KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 6 Halaman 103 104 105 106

kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 halaman 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109, 110, 111 dan 112 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa dan beberapa sumber lainnya:

>>> Halaman 103 – 104

*** Ayo Mencoba ***

Apabila kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan. Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita di bawah ini.

Bacalah dalam hati teks berikut ini.

Apakah kamu ingin menjadi seorang pemimpin? Kemampuan apa yang sudah kamu miliki? Apakah kemampuanmu akan bermanfaat bagi anggota?

Semut dan Belalang

Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.

Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari membuat kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut. “Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.

“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.

“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang. “Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya.

Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang?

Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu. Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang? -ditulis ulang berdasarkan fabel “The Ant and the Grasshopper”.

>>> Halaman 105

Jawablah pertanyaan berikut!

kunci jawaban  tema 7 kelas 6 st 3 pb 1 halaman 105

1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?

Jawaban :
Kelompok Semut tersebut sedang bekerja mengumpulkan bahan makanan untuk bekal persediaan. Para semut melakukan hal tersebut karena pada musim dingin sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari makanan saat makanan berlimpah.

2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?

Jawaban :
Sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, karena akan merugikan diri sendiri dan yang lain.

3. Bagaimana cara semut bekerja?

Jawaban :
Semut bekerja secara bersama-sama/kerjasama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari tempat makanan menuju sarang . Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan cepat dilaksanakan.

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?

Jawaban :
Nilai Kerja keras pantang menyerah, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kebersamaan/gotong royong dan kepemimpinan.

>>>Halaman 106

Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

– Pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong/kerjasama

– Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai.

– Dengan kepemimpinan yang baik, maka suatu perkumpulan/organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya akan lebih baik dan mudah, serta lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama.

– Bekerja keras pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

– Dengan saling menasihati satu dengan yang lain, maka keberhasilan suatu tujuan akan lebih mudah tercapai dan akan timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

– Malas dan sombong hanya akan merugikan diri sendiri

– Apakah kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu? Ayo, isi diagram berikut!

Kelebihanku : (silakan dipilih)
– Mudah bergaul
– Humoris
– Pantang menyerah
– Rasa ingin tahu yang tinggi
– Toleran

Kekuranganku : (silakan dipilih)
– Pelupa
– Menunda pekerjaan
– Ceroboh
– Penakut
–  Malas

Apa yang akan aku lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?

Jawaban:

Saya akan menggunakan prinsip SWOT, (Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kekurangan, Opportunities/Peluang, dan Threats/Ancaman dalam menggapai cita-cita atau apa yang menjadi harapan saya. Dengan Kekuatan/kelebihan saya akan mampu mengambil keuntungan dari peluang/Opportunities yang ada, serta bagaimana cara mengatasi Kelemahan atau kekurangan/Weaknesses yang saya punya, yang mana kekuatan/kelebihan saya tersebut mampu mengatasi/menghadapi segala tantangan/ancaman (Threats).

>>> Halaman 107

Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan hasilnya dengan teman sebelahmu.

Kegiatan di Sekolah yang membutuhkan gotong royong
1. Gotong royong dalam piket kelas
2. Gotong royong dalam persiapan upacara bendera
3. Gotong royong dalam mengerjakan tugas kelompok
4. Gotong royong dalam mengumpulkan dana untuk korban bencana
5. Gotong royong dalam melaksanakan 5 K (Kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan) di sekolah

Alasan :
1. Kebersihan kelas merupakan tugas bersama, kalau dikerjakan bersama akan lebih mudah dan cepat selesai
2. Upacara bendera merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, jika tidak ada semangat gotong royong, maka kegiatan upacara bendera bisa gagal terlaksana
3. Jika kerja kelompok dikerjakan bersama-sama maka hasil yang dicapai lebih bagus, lebih mudah dan lebih bervariasi alternatif-alternatif jawaban yang bisa diperoleh
4. Dengan mengumpulkan secara bersama-sama, maka pekerjaan lebih efektif, hasil yang diperoleh lebih banyak daripada dilakukan sendiri. Juga dapat menimbulkan semangat kebersamaan
5. Pekerjaan cepat selesai, lebih sempurna hasilnya dan mampu memacu semangat kebersamaan diantara siswa-siswa

>>> Halaman 109

Baca sekali lagi isi pidato Pak badru. Tuliskan pesan-pesan yang kamu temukan!

Jawaban :
– Koperasi didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama para anggota
– Anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menikmati keuntungan koperasi
– Kebersamaan dan Kekeluargaan merupakan modal paling penting dalam koperasi
– Kewajiban setiap anggota untuk menjalankan koperasi demi kesuksesan koperasi, dan bukan tergantung pada ketua atau pengurus koperasi
– Koperasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, sehingga setiap anggota koperasi akan berkembang rasa kepeduliannya
– Keputusan dalam koperasi merupakan hasil musyawarah seluruh anggotanya

>>> Halaman 111

Buatlah rancangan teks pidatomu dalam kotak berikut

Rancangan Teks Pidato

Topik : “Bermusyawarah untuk kepentingan bersama”

Salam pembuka
Berisi Kalimat Sapaan

Pendahuluan
Memaparkan tentang musyawarah mufakat

Inti
Berisi tentang bahasan topik Bermusyawarah secara lengkap, manfaat yang diperoleh, tujuan dan dampak dari musyawarah

Penutup
Penyampaian rangkuman/intisari dari Musyawarah untuk kepentingan bersama

Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup

>>> Halaman 112
*** Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah.
• Mengapa gotong royong dan musyawarah penting dalam kehidupan?

Jawaban:
Karena dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan, sehingga negara kita akan hidup damai,saling membantu satu sama lain dan hidup kita dalam bermasyarakat juga akan lebih baik karena dapat juga mempererat tali siraturahim antar sesama masyarakat.

• Materi apa yang paling menarik untuk dipelajari hari ini? Mengapa?

Jawaban:
Cerita tentang semut dan belalang.
Karena semut tidak pernah lelah dan tidak pemalas dari pada belalang yang ingin bersenang senang,pemalas ,sedangkan pada saat musim dingin dia hanya bisa meregek kelaparan.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 6 Halaman 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 Subtema 3 Kepemimpinan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/15/kunci-jawaban-tema-7-kelas-6-halaman-103-104-105-106-107-108-109-110-111-112-subtema-3-kepemimpinan?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

Rekomendasi

KUNCI Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113

KUNCI Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72

Back to Top