Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 17 dan 18

Bagaimana Cara Melakukan Penaksiran ke Ribuan?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 16, 17 dan 18

Kunci Jawaban Halaman 17

Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?

Jawab:

Melakukan penaksiran ke ribuan dengan cara melihat angka ratusannya.

Apabila angka ratusannya di bagian belakang nilainya sama dengan 500 atau 500 ke atas, berarti dibulatkan ke ribuan atasannya.

Sementara jika nilai ratusannya di bawah 500, maka dibulatkan ke ribuan bawahannya.

Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Jawab:

Melakukan penaksiran adalah melakukan perkiraan.

Jadi, menaksir itu sama dengan mengira, memperkirakan, mengira-ngira.

Caranya, melakukan pembulatan terlebih dahulu, kemudian baru melakukan operasi hitung.

Kunci Jawaban Halaman 18

Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti.

Jawablah pertanyaan berikut.

Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

1. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo.

Jawab:

Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo 273 + 324 = 270 + 320 = 590

2. Jumlah air yang dgunakan di rumah Lani, Dayu, dan Udin.

Jawab:

 Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin 363 + 262 + 291 = 360 + 260 + 290 = 910

3. Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu, dan Edo.

Jawab:

Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo 262 + 324 = 260 + 320 = 580

4. Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin.

Jawab:

Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, Dayu, dan Udin 273 + 324 + 363 + 262 + 291 = 270 + 320 + 360 + 260 + 290 = 1.500

5. Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu.

Jawab:

Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu 273 – 262 = 270 – 260 = 10

6. Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani.

Jawab:

Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani 363 – 262 = 360 – 260 = 100

7. Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo.

Jawab:

Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo 324 – 291 = 320 – 290 = 30

1. Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?

Jawab:

– Penaksiran ke puluhan: membulatkan ke bilangan puluhan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan satuan sebelumnya.

– Penaksiran ke ratusan: membulatkan ke bilangan ratusan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan sebelumnya.

– Penaksiran ke ribuan: membulatkan ke bilangan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan ratusan sebelumnya.

2. Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan ribu?

Jawab:

Membulatkan ke bilangan ratusan ribuan terdekat dengan memperhatikan satuan bilangan puluhan ribu sebelumnya.

2. Apakah penaksiran membantumu dalam menghitung? Jelaskan.

Jawab:

Ya, penaksiran membantu dalam menghitung karena menyederhanakan angka yang dihitung.

Rekomendasi

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 11, 12, 13, 14 dan 15

Back to Top