Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 107 108 109

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 107 108 109

Kunci Jawaban Halaman 104 – 112

Ayo Mengamati

Otot memiliki peran penting dalam setiap gerak manusia. Sama halnya dengan tulang. Otot merupakan organ gerak aktif manusia dan hewan.

Coba kamu amati aktivitas sehari-harimu. Pada saat memegang sebuah benda, organ tubuhmu yang paling berperan adalah otot.

Tahukah kamu apa itu otot?

Otot adalah jaringan yang ada di dalam tubuh manusia, berupa alat gerak aktif yang menggerakkan tulang sehingga menyebabkan suatu organisme atau indvidu dapat bergerak. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan berelaksasi.

Fungsi Otot pada Manusia

• Menjalankan dan melaksanakan kerja contohnya berjalan, mengangkat, dan memegang.
• Menggerakkan jantung.
• Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat yaitu nutrisi, oksigen, dan lain-lain.

Macam-Macam Otot Manusia

1. Otot Polos

Otot Polos adalah otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau saraf otonom, otot polos dibentuk oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel.

Ciri-ciri Otot Polos

• Waktu kontraksi antara 3 sampai 180 detik.
• Bentuk dari otot polos adalah gelendong.
• Terletak pada organ dalam.
• Memiliki satu inti sel yang berada di tengah.
• Pergerakannya dari otot polos lambat dan mudah lelah.
• Dipengaruhi oleh saraf otonom.
• Otot polos biasanya berada pada bagian usus, saluran peredaran darah, dan otot di saluran kemih.
• Tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak.

2. Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam pergerakan. Otot lurik adalah otot yang bekerja di bawah kesadaran. Otot lurik juga dinamakan otot rangka, Mengapa? karna menempel pada rangka. Dinamakan otot lurik karena adanya sisi gelap dan terang yang berselang seling.

Ciri-ciri Otot Lurik

• Bentuk silindris dengan garis gelap terang.
• Melekat pada rangka.
• Bekerja secara sadar dengan perintah otak.
• Cepat dan mudah lelah.
• Bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multisel).
• Mempunyai pigmen mioglobin.
• Inti sel yang berada di tepi.

3. Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, memiliki sisi gelap terang dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja di bawah kesadaran manusia. Saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik.

Ciri-ciri Otot Jantung

• Otot jantung berbentuk silindris.
• Memiliki percabangan.
• Otot jantung terletak pada jantung.
• Memiliki satu inti sel yang berada di tengah.
• Bekerja tanpa kesadaran manusia.
• Bekerja terus menerus dan tidak membutuhkan istirahat.

Ayo Mencoba

Tunjukan dimana letak otot-otot ini berada. Hubungkan dengan menggunakan garis.

Letak Otot

Jawaban:

Otot polos berada di bagian perut

Otot lurik berada lengan

Otot jantung berada di dada tengah

Dengan mengetahui macam dan fungsi otot dalam tubuh manusia, kita jadi tahu betapa pentingnya peran otot dalam kehidupan manusia. Coba kamu bayangkan seandainya kamu tidak memiliki otot? Ataukah ototototmu mengalami gangguan dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ayo Membaca

Otot Manusia

Otot-otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama adalah untuk bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain untuk mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut dapat dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan.

Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan usaha tersendiri pada tiap-tiap bagian otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat.

Selain itu, otot dalam tubuh manusia juga berperan dalam gerakan manusia yang tidak disengaja. Gerak manusia yang tidak disengaja adalah gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tidak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan makanan melalui sistem pencernaan, dan detak jantung.

Otot dalam tubuh juga berfungsi memberikan dukungan. Otot-otot dalam tubuh manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh. Misalnya ketika duduk dan berdiri, otot-otot rangka ini akan melakukan penyesuaian gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada pada posisi yang tepat.

Selain itu otot rangka juga memegang peranan penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan otot yang kuat maka kesehatan tubuh kita juga akan terjaga dan kita pun akan bisa melakukan berbagai gerakan.

Fungsi lain dari otot adalah untuk mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka membantu manusia misalnya untuk berdiri dan mempertahankan sikap tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Otot juga berperan dalam menjaga suhu tubuh secara keseluruhan. Sistem otot dapat merespon jika tubuh mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot ketika terjadi penurunan suhu tubuh adalah menggigil. Menggigil adalah respon tidak sengaja dimana otot berkontraksi secara tepat untuk menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen untuk meningkatkan suhu tubuh.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

Jawaban:

Paragraf 1
Ide Pokok: Otot-otot dalam tubuh manusia memiliki beberapa fungsi, namun fungsi yang utama adalah untuk bergerak.

Paragraf 2
Ide Pokok: Otot dalam tubuh manusia berperan dalam gerakangerakan yang disengaja.

Paragraf 3
Ide Pokok: Selain itu, otot dalam tubuh manusia juga berperan dalam gerakan manusia yang tidak disengaja.

Paragraf 4
Ide Pokok: Otot dalam tubuh juga berfungsi memberikan dukungan.

Paragraf 5
Ide Pokok: Fungsi lain dari otot adalah untuk mempertahankan postur tubuh.

Paragraf 6
Ide Pokok: Otot juga berperan dalam menjaga suhu tubuh secara keseluruhan.

Ayo Berkreasi

Buatlah gambar cover bacaan di atas. Masih ingatkah kamu pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam cover?

Agar dapat menghasilkan gambar cover yang baik, kamu harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kamu harus menentukan terlebih dahulu desain background (latar).

Ada dua macam desain dalam membuat cover, yakni:

dua macam desain membuat cover

1. Cover dengan latar berwarna putih dan tulisan sederhana

Pada jenis ini, tidak ada gambar yang memenuhi halaman.Bahkan terkadang hanya berisi judul, nama pengarang, dan nama penerbit. Dengan demikian yang nampak dominan adalah warna putih dan ruang kosong. Ruang kosong semacam ini dimaksudkan sebagai ruang yang lega agar mata tidak sesak terpenuhi oleh gambar.

2. Desain penuh warna dan gambar

Pada jenis ini, bagian yang dominan adalah gambar ilustrasi dan judul. Selain itu juga disajikan permainan warna yang mencolok dan bervariasi.

Nah sekarang giliranmu membuat gambar cover buku. Buatlah cover buku dari bacaan yang berjudul Otot Manusia. Gambar yang kamu buat haruslah memperhatikan unsur-unsur dalam membuat cover seperti yang sudah kamu pelajari sebelumnya.Buatlah pada kolom berikut.

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan hasil gambar siswa



Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 107 108 109 110 111 112 dan 105 Buku Tematik SD MI, https://pontianak.tribunnews.com/2021/08/02/kunci-jawaban-tema-1-kelas-5-halaman-107-108-109-110-111-112-dan-105-buku-tematik-sd-mi?page=all.

Rekomendasi

Cara Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Lengkap

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 166,167,168

Back to Top