Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in , ,

KENAPA EMAS ( logam mulia) SELALU NAIK ?

Tentu ada faktor-faktor yang mempengaruhinya, di bawah ini akan kita bahas sedikit tentang faktor-faktor tersebut.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Naik Turun Harga Emas

Karena emas merupakan logam mulia yang spesial, maka perlakuannya pun juga spesial, emas merupakan logam mulia yang dicintai dan diburu oleh manusia. Banyak kolektor dan investor yang mencarinya. Sehingga emas harganya selalu mengalami kenaikan.

Dahulu ceritanya emas merupakan bebatuan yang bukan berasal dari bumi. Bisa di bilang mitos atau fakta sih namun terlepas dari benar tidaknya berita itu, emas merupakan salah satu bentuk investasi yang disukai banyak orang daripada investasi dollar.

Yang kita ulas disini investasi emas secara fisik ya, bukan trading gold ( saham emas )

Ya tentu ada beberapa alasan yang mendukung kenapa harus memilih emas daripada dolar seperti salah satunya harganya yang selalu naik.


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Naik Turun Harga Emas

  1. Emas Sebagai Investasi

Zaman old atau Zaman orang tua kita dulu, rupanya sudah faham apa itu investasi namun mungkin belum mengenal itilah investasi. Jadi saat harga emas sedang turun, maka mereka akan berbondong-bondong datang ke toko emas untuk membeli beragam jenis perhiasan seperti gelang, kalung, anting dan cincin.

Kemudian, saat harga emas melonjak naik, mereka akan menjualnya kembali. Ternyata orang tua kita dulu juga paham tentang investasi emas yang menguntungkan. Hanya berbekal pengalaman dan mengandalkan felling aja rupanya jurus ini sebenarnya ampuh.

Mungkin yang belum di pahami adalah ketika jaman old yang disimpan adalah berbentuk perhiasan padahal jika tujuannya adalah investasi sebaikknya adalah berbentuk logam mulia atau emas batangan. Bisa emas ubs, emas antam atau lain sebagainya.

Memang benar jika harga emas akan cenderung naik, tapi juga akan turun. Sebenarnya, apa yang menyebabkan harga emas naik dan turun?

  • Penyebab Harga Emas Naik Turun

Zaman orang tua kita, harga emas zaman dulu per gram-nya hanya sekitar 25 ribu namun saat ini sudah mencapai angka hampir 900 ribu – 1 jutaan. Tahukah Anda penyebab naik turunnya harga emas? Berikut beberapa faktor yang membuat harga emas bisa naik dan turun;

  • Perubahan Kurs

Bisa dikatakan bahwa faktor paling utama yang memiliki peranan besar dengan naik atau turunnya harga emas adalah perubahan kurs mata uang negara Paman Sam, dollar AS. Tidak bisa di pungkiri ini adalah sebagai tolok ukur salah satu perubahan harga emas.

Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, atau semakin lemahnya rupiah terhadap dollar AS, maka harga emas akan semakin menguat atau tinggi. Jadi, ketika kurs dollar AS atas rupiah naik, maka harga emas juga akan ikut melonjak naik.

  • Suku Bunga

Jika harga emas akan melonjak naik ketika kurs dollar AS atas rupiah yang semakin tinggi, maka harga emas akan anjlok ketika suku bunga naik.

Hal ini dikarenakan ketika suku bunga naik, banyak orang yang menarik uangnya dan menyimpan uang mereka dalam bentuk deposito yang memiliki bunga tinggi dari pada menyimpan emas. Suku bunga sendiri bisa naik dan turun karena beberapa faktor tertentu juga.

Suku bunga ini bergeraknya dinamis sehingga mempengaruhi harga emas juga sangat dinamis pula.

  • Jumlah Supply dan Demand barang

Faktor supply dan demand atau permintaan dan penawaran akan emas juga bisa mempengaruhi harga emas naik atau turun.

Tentunya ketika orang mulai melek emas, permintaan emas juga akan tinggi sehingga mempengaruhi harga pula.

Sama seperti harga barang lainnya dimana ketika jumlah peminat semakin tinggi maka harga akan semakin tinggi pula. Sebaliknya, jika jumlah peminat turun maka harga juga akan turun. Hukum ekonomi lah ya.

Hal ini berlaku juga untuk harga emas. Ketika peminat emas naik, maka harga naik dan sebaliknya ketika jumlah peminat emas turun, harga emas akan anjlok juga.

  • Laju Inflasi Yang Tak Terkendali

Laju inflasi yang kemudian membuat harga-harga barang semakin naik, maka inflasi yang tak terkendali akan membuat harga emas semakin mahal.

Hal ini dikarenakan ketika inflasi tinggi, masyarakat tidak mau menyimpan uang mereka dengan bentuk uang misal dengan investasi dollar melainkan mereka akan membeli emas yang memang harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi.

Emas memang tidak terpengaruh inflasi karena bentuknya ya akan tetap seperti itu, bentuk batangan ataupun koin emas.

Karena emas semakin diburu atau dicari karena di minati, maka kembali ke poin sebelumnya dimana permintaan meningkat, maka harga emas akan meningkat pula.

  • Faktor lain-lain

Selain faktor-faktor yang sudah disebut diatas, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi naik dan turunnya harga emas seperti kondisi politik, kondisi ekonomi dunia serta harga minyak mentah dunia. Ketiga hal tersebut bisa membuat harga emas semakin naik atau turun secara signifikan. Ataupun kondisi bencana alam yang sangat tidak terprediksi


  • Kesimpulan

Biarpun demikian tetap emas bisa naik atau turun, pada umumnya, kenaikan emas sudah bersifat kepastian walau sedikit demi sedikit sedangkan turunnya harga emas juga tidak seberapa.

Oleh sebab itu, harga emas akan selalu stabil. Tentu, emas untuk investasi ini lebih baik adalah emas batangan bukan perhiasan yang memiliki nilai lebih stabil. Tingkat inflasilah yang akan membuat harga barang-barang semakin mahal termasuk emas.

Jadi, sebenarnya bukan emas itu sendiri karena harga emas dari puluhan bahkan ratusan yang lalu hampir selalu stabil.

Bisa di lihat di beberapa penyedia grafik tentang emas, akan terlihat laju kenaikannya yang terus meroket.

Maka wajar saja jika emas merupakan investasi jangka panjang karena tingkat inflasi mata uang akan selalu naik sehingga secara otomatis harga emas akan selalu naik.

Demikian artikel yang saya buat sempga tulisan pendek saya bisa bermanfaat bagi orang lain dan tercerahkan untuk investasi emas khususnya logam mulia atau emas batangan.

Rekomendasi

Orangtua Gelisah Pelajaran Agama Kelas 1-3 SD Dihapus, Kementerian Pendidikan Beri Penjelasan Serius

Lebih Sakral Mana Bendera Tauhid, Bendera Partai dan Bendera Negara?

Back to Top