Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34)

KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34)
KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34)

HEART.ID – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikut ini admin heart sajikan materi KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34) berikut ini yang merupakan kunci jawaban buku tematik lengkap khususnya tematik tema 9 kelas 4 dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua, khususnya di saat pandemi covid- 19 belum usai.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 9, klik disini

Kunci Jawaban Buku Tematik Lengkap 2020 / 2021, klik disini

KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34)

Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan perkebunan. Sebaliknya dengan m asyarakat di daerah di pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut.

Berikut beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung kepada sumber daya alamnya.

1. Masyarakat Daerah Pantai

Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan. Pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Pantai menjadi sumber daya alam yang berharga bagi Indonesia. Indonesia memiliki banyak pantai yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan ekonomi utama masyarakat di sekitar pantai adalah sebagai nelayan. Namun, oleh karena pemandangan di pantai sangat indah maka berkembanglah sektor pariwisata. Kompleks-kompleks pertokoan, penginapan dan hotel, serta jasa pemandu wisata dan penyewaan alat-lat menyelam menjadi usaha ekonomi baru masyarakat di pesisir pantai.

2. Masyarakat Daerah Laut

Potensi perikanan laut Indonesia sangatlah besar. Hal ini karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Laut memiliki banyak potensi. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan, mutiara, kerang, kepiting, udang, teripang, dan rumput laut. Di laut juga ada kegiatan pengeboran sumber energi minyak bumi.

Kita juga bisa memanfaatkan laut sebagai wisata bahari. Kalau kita menyelam, kita bisa menyaksikan keindahan laut. Beberapa daerah yang memiliki keindahan bawah laut seperti Raja Ampat di Papua dan Bunaken di Sulawesi Utara.

3. Masyarakat Daerah Sungai

Sungai merupakan lingkungan alam yang sangat penting. Bagi sebagian orang, sungai dipergunakan sebagai sumber air bagi kehidupannya. Namun, bagi sebagian orang yang lain, sungai juga digunakan sebagai sumber pengairan bagi pertaniannya. Sungai yang dibendung dapat dialirkan ke sawahsawah.

Sungai juga menjadi jalur transportasi bagi masyarakat. Ada salah satu usaha ekonomi yang memanfaatkan sungai, yaitu dengan mendirikan pasar terapung. Pasar jenis ini dapat ditemukan di Sungai Barito, Banjarmasin. Semua usaha jual beli dilakukan di atas perahu. Oleh karena keunikannya, pasar ini juga menjadi objek wisata.  


4. Masyarakat Dataran Tinggi
Dataran tinggi merupakan wilayah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan air laut. Daerah dataran tinggi baik untuk menanam sayuran dan buah-buahan.

Selain sebagai lahan pertanian, dataran tinggi juga merupakan tempat yang cocok untuk tempat wisata. Karena daerah dataran tinggi pada umumnya memiliki udara yang bersih, sejuk, dan segar. Contohnya dataran tinggi Dieng, di Wonosobo Jawa Tengah.


5. Masyarakat Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan bagian dari daratan yang memiliki ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Seperti dataran tinggi, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain itu, dataran rendah juga dimanfaatkan untuk industri, peternakan, dan perumahan.  

1. Kumpulkan informasi tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu!

1) PantaiPantai adalah daratan di tepi laut. Pantai yang landai, berpasir dan bersih sering dikunjungi para wisatawan. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan, seperti berjemur, bermain layang-layang, olahraga, dan sebagainya. Masyarakat setempat membuka usaha pariwisata.

Ada yang mendirikan tempat penginapan, rumah makan, dan toko cinderamata. Ada pula yang membuka usaha jasa transportasi, penyewaan perlengkapan pantai, dan kursus pelatihan olahraga pantai maupun olahraga air. Saat tidak ada hujan, pantai sering digunakan untuk ajang pentas seni, festival layang-layang dan lomba olahraga. 


2) LautSebagian besar wilayah negara kita berupa lautan. Selain diambil hasilnya, lautan dimanfaatkan untuk wisata bahari. Di dalam laut terdapat pemandangan berupa taman laut yang menakjubkan.

Ikan berwarna-warni berenang di antara terumbu karang yang indah. pemandangan bawah laut dengan cara menyelam, atau lewat kaca di dinding lambung kapal bagian bawah. Masyarakat sekitar membuka berbagai usaha wisata bahari, antara lain penyewaan kapal atau perahu motor, penyewaan perlengkapan selam dan olah raga air. Ada pula yang menjadi pemandu wisata, mendirikan toko peralatan pancing dan pakaian renang.


3) SungaiKondisi sungai di sekitar kita beragam. Manfaat sungai juga beragam. Sungai yang besar dan dalam, dimanfaatkan sebagai sarana transportasi. Masyarakat sekitarnya membuka berbagai usaha, seperti penyewaan perahu, membuka warung apung, dan ada yang menjadi kuli angkut.

Sungai yang berjeram-jeram dimanfaatkan untuk rekreasi, misalnya memancing dan olahraga arung jeram. Di sekitar sungai ini, masyarakat ada yang membuka usaha penyewaan perahu karet beserta perlengkapannya. Ada pula yang mendirikan toko alat olahraga arung jeram dan pancing.


4) Dataran tinggiDaerah dataran tinggi adalah tempat yang sejuk dan segar. Selain untuk perkebunan, daerah dataran tinggi dimanfaatkan untuk peristirahatan. Masyarakat setempat banyak yang membuka usaha perhotelan. Ada bagian dataran tinggi yang bertebing. Di bagian ini dimanfaatkan untuk olahraga panjat tebing dan gantole.


5) Dataran RendahSelain untuk lahan pertanian dan peternakan, daerah dataran rendah dimanfaatkanuntuk perumahan, perkantoran, pertokoan, rumah sakit, gedung sekolah, gedung pertunjukan dan sebagainya. Di daerah ini terdapat berbagai sarana dan prasarana. Usaha yang dilakukan anggota masyarakat amat beragam. Pada umumnya berupapelayanan jasa.

Demikian artikel tentang KEGIATAN EKONOMI BERDASAR SUMBER DAYA ALAMNYA (HALAMAN 34). Terimakasih sudah mengunjungi laman heart dan membaca semua materi tentang soal dan  jawaban yang ada pada buku tematik semoga materi dari laman heart tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Cek Fakta: Benarkah FPI cs Bakal Demo Jokowi Sampai Lengser?

Manusia dan Lingkungan

Manusia dan Lingkungan

Back to Top