Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Jika Lolos Gelombang 12 Kartu Pra Kerja, Duitnya Buat Apa Ya?

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah ditutup dan sedang dalam proses penerimaan. Rencananya, pengumuman akan disampaikan hari Selasa atau Rabu.

“Jadi kita berusaha semaksimal mungkin minggu depan itu pengumuman penerima Prakerja gelombang 12 itu dapat dilakukan. Kita berusaha maksimal mungkin Selasa atau Rabu paling lambat semoga aja sudah bisa diumumkan,” kata Direktur Eksekutif Project Management Officer (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam teleconference, Jumat (26/2/2021) lalu.

Jika lolos, peserta Kartu Prakerja akan mendapat Rp 3.550.000. Namun yang bisa dicairkan hanya Rp 2.550.000, yang berasal dari insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 selama empat bulan dan insentif survei Rp 150 ribu.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengatakan insentif Kartu Prakerja bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak yang sifatnya pokok. Seperti kebutuhan makan, bayar cicilan, hingga bayar kebutuhan sekolah anak bagi yang sudah berkeluarga.

“Kebutuhan sehari-hari kita seperti untuk makan. Atau yang sudah berkeluarga bisa untuk nambahin kuota internet anaknya yang masih sekolah di rumah, bayar SPP anak, jadi memang hal-hal yang bersifat urgent,” tuturnya.

Andy menyarankan agar insentif Kartu Prakerja tidak digunakan untuk keperluan yang tidak dibutuhkan, yang sifatnya itu hanya untuk keinginan pribadi.

“Contohnya walaupun untuk membeli makan, hindari untuk membeli makanan yang bersifat snacking dan makanan-makanan kekinian karena hal tersebut akan membuat penggunaannya menjadi kurang tepat sasaran,” imbuhnya.

Jika ingin menjadikan insentif Kartu Prakerja sebagai modal usaha, disarankan agar uang yang dialokasikan jangan terlalu banyak. Pilihlah bisnis yang tidak perlu butuh modal terlalu besar, seperti menjadi reseller hingga dropshipper.

“Maksimal 50% yang dialokasikan untuk modal usaha. Dengan syarat bisnisnya adalah berhubungan juga dengan kebutuhan pokok misalnya kuliner karena kalaupun maaf katakan nggak laku pun dia masih bisa hidup dengan itu,” tandasnya. [ detik.com ]

Rekomendasi

Cara Mengajukan Pinjaman Online Pegadaian Menggunakan LinkAja

Ekspor Pisang 64 Ton/Bulan, Kok Indonesia Susah Ekspor Pisang?

Back to Top