Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Jelaskan perbedaan bentuk pemerintahan republik dengan monarki

pertanyaan:

Jelaskan perbedaan bentuk pemerintahan republik dengan monarki

jawaban:

Republik dan monarki adalah bentuk pemerintahan yang banyak digunakan di dunia dan sudah diterapkan sejak lama. Pemerintahan monarki sudah ada saat manusia mulai hidup menetap dan mulai membuat peradaban.

Sistem republik modern berawal dari peradaban Yunani dan Romawi Kuno, yang memiliki republik pertama, mulai dari negara kota seperti Athena hingga Republik Roma yang memerintah banyak wilayah Eropa.

Di dalam monarki, jabatan kepala negara, yaitu seorang kaisar, sultan, raja atau ratu diwariskan dari generasi ke generasi, dari orang tua ke anak, dan seterusnya.

Sebaliknya, di sisi lain, Republik secara teori didasakan atas kekuasaan rakyat, yang pada dasarnya berarti bahwa di dalam warga republik berhak memilih seorang kepala negara.

Monarki dulunya adalah berupa monarki absolut, yang berarti bahwa raja memiliki kekuatan absolut. Hal ini sering berujung kesewenang-wenangan. Akibatnya warga dari banyak monarki memberontak untuk mengganti raja atau dalam beberapa kasus mereka mengadakan sebuah revolusi dan menggulingkan seluruh monarki untuk diganti dengan sistem republik, misalnya pada Revolusi Prancis tahun 1789, Revolusi Rusia tahun 1918, dan Revolusi Xinhai tahun 1911 di China.

Akibatnya saat ini monarki yang ada hampir semuanya berupa monarki konstitusional dimana rakyat memilih perdana menteri sebagai kepala pemerintahan sementara raja atau ratu hanya berupa simbol negara.

Contoh negara yang saat ini menerapkan sistem monarki adalah: Inggris, Swedia, Denmark, Norwegia, Spanyol, Saudi Arabia, Yordania, Oman, Maroko, Malaysia, Brunai, Bahrain, Qatar, Jepang, Thailand, Kamboja dan Bhutan.

Contoh negara yang saat ini menerapkan sistem republik adalah: Indonesia, Filipina, Singapura, Myanmar, Vietnam, China, Amerika Serikat, Perancis, Rusia, Jerman, Portugal, Yunani, Italia, Turki dan Lebanon.

sumber: branly

Rekomendasi

Tentukan mengapa Aristoteles berprinsip parameter bahwa kebahagiaan negara menjadi tolok ukur kebahagiaan warga negara?

Tentukan alasan mengapa Marselius pada prisipnya sepikir dengan Aristoteles berkaitan hakikat negara?

Back to Top