Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Jelaskan ketujuh prinsip Hukum Islam tersebut !

Beberapa prinsip dalam hukum Islam yang secara umum dapat dibagi menjadi dua macam yaitu prinsip umum dan prinsip khusus. Yang dimaksud dengan prinsip umum adalah prinsip keseluruhan hukum Islam yang bersifat universal. Sedangkan prinsip khusus adalah prinsip-prinsip setiap cabang hukum Islam. Secara garis besar prinsip umum hukum Islam ada tujuh prinsip,

       Jelaskan ketujuh prinsip Hukum Islam tersebut !

Secara garis besar prinsip umum hukum islam ada tujuh macam,

  • 1. Prinsip Tauhid, Prinsip ini menjelaskan bahwa seluruh manusia ada dibawah ketetapan yang sama sebagai hamba Allah. Dalam pandangan islam pada dasarnya semua manusia mempunyai potensi dan kualitas yang sama yaitu potensi bertauhid dimana hal tersebut pernah dikukuhnya/diakui sebelumnya. Beberapa ayat yang menjelaskan tentang prinsip ini diantaranya surat Al-A’raaf/7:172, surat Ali-Imron/3:64.
  • 2. Prinsip Keadilan, Prinsip ini mengandung pengertian bahwa hukum islam yang mengatur persoalan manusia dari berbagai aspeknya harus dilandaskan kepada prinsip keadilan yang meliputi hubungan antara individu dengan diirinya sendiri, individu dengan manusia dan masyarakatnya serta hubungan antara individu dengan lingkungannya. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Al-Maai’dah/5:8, Surat Al-An’naam/6:152.
  • 3. Prinsip Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Prinsip ini merupakan konsekuensi dari prinsip Tauhid dan Keadilan. Amar ma’ruf mengandung arti bahwa Hukum Islam ditegakkan untuk menjadikan umat manusia dapat melaksanakan hal-hal yang baik dan benar sebagaimana dikehendaki oleh Allah SWT. Sedangkan Nahi Munkar mengandung arti hukum tersebut ditegakkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang buruk yang dapat meruntuhkan kehidupan bermasyarakat. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Ali-Imron/3:110,:104.
  • 4. Prinsip Kemerdekaan dan Kebebasan, Prinsip ini mengandung maksud bahwa Hukum Islam tidak diterapkaan berdasarkan paksaan, akan tetapi berdasarkan penjelasan yang baik dan argumentatif yang dapat meyakinkan. Apakah manusia pada akhirnya menolak atau menerima sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing individu. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Al-Baqarah/2:256, surat Al-Kafiruun/109:6.
  • 5. Prinsip Persamaan, Prinsip ini mengandung arti bahwa pada dasarnya semua manusia adalah sama meskpun faktanya berbeda dalam lahiriyahnya, baik warna kulit, bahasa suku bangsa dan lain-lain. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Al-Hujuraat/49:13, surat Al-Israa/17:70.
  • 6. Prinsip Tolong-menolong, Prinsip ini mengajarkan bahwa sesama warga masyarakat harus saling menolong demi tercapainya kemaslahatan bersama. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Al-Maa’idah/5:2.
  • 7. Prinsip Toleransi, Prinsip ini mengajarkan bahwa hukum islam mengharuskan kepada umatnya untuk hidup penuh dengan suasana damai dan toleran. Toleransi ini harus menjamin tidak dilanggarnya hukum islam dan hak umat islam. Beberapa ayat yang menjelaskan prinsip ini diantaranya surat Al-Mumtanah/60:8.

Rekomendasi

Bagaimana anda menjalankan syariat islam di Indonesia ?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat ?

Back to Top