Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Jelaskan kelebihan dan kelemahan Mahzab Hukum Alam dan Mahzab Sejarah?

PERTANYAAN:

Jelaskan kelebihan dan kelemahan Mahzab Hukum Alam dan Mahzab Sejarah?

JAWABAN:

Mazhab Sejarah hukum adalah Mazhab yang intinya mengajarkan bahwa hukum itu tidak dibuat, tetapi tumbuh dan berkembang bersama masyarakat (das Recht wird nicht gemacht, est ist und wird mit dem Volke). Dampak ajaran madzab ini sangat tampak pada para sarjana sosiologi dan hukum adat.

Kelebihan pemikiran hukum dari madzab sejarah adalah sikap tegas yang mengatakan bahwa hukum itu merupakan derivasi nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat. Selanjutnya, kebaikan madzab ini adalah ditempatkannya kedudukan hukum kebiasaan sejajar dengan undang-undang tertulis (Lili Rasjidi, 1996: 71). Sikap semacam ini dapat mencegah kepicikan orang akan wujud hukum yang utuh.

Namun disisi lain pemikiran hukum madzab ini juga mengandung beberapa kelemahan yakni (Lili Rasjidi, 1991: 49): tidak diberikannya tempat bagi ketentuan yang sifatnya tertulis (peraturan perundang-undangan); konsepsinya tentang kesadaran hukum sifatnya sangat abstrak serta konsepsinya tentang jiwa rakyat tidak memuaskan banyak pihak; dan inkonsistensi sikap mengenai hukum yang terbaik bagi suatu bangsa.

Rekomendasi

Mahzab hukum apa yang diterapkan di Indonesia berkaitan dengan adagium ”hakim tidak boleh menolak suatu perkara dengan alasan hukumnya tidak ada atau tidak jelas”?

Foreign exchange market is different from the stock market

Back to Top