Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 8 10 13

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 8 10 13

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD halaman 8, 10, dan 13.

Buku Tematik Tema 8 untuk SD kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Lingkungan Sahabat Kita.

Subtema 1 dalam Buku Tematik ini berjudul Manusia dan Lingkungan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 2 di halaman 8, 10, dan 13.

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali, sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Berikut Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 8 10 13 Tematik Subtema 1 Pembelajaran 2 yang Tribunnews kutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber lainnya:

Kunci Jawaban Halaman 8

Ayo Bernyanyi

Pelajarilah lagu “Air Terjun” hingga kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi. Perhatikan keselarasan suara dan musik (jika kalian menggunakan alat musik).

Lagu yang kamu pelajari bercerita tentang air. Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak. Ingatlah kegiatanmu menggunakan air mulai dari bangun pagi hingga saat ini.

Begitu seringnya kita menggunakan air sehari-hari. Dari mana asal air? Bagaimana alam menjaga ketersediaan air?

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok beranggotakan 4-5 siswa. Bersama kelompokmu perhatikan gambar berikut.

Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD halaman 8, 10, dan 13 Subtema 1 Pembelajaran 2.
Gambar halaman 8. (Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD)

1. Ceritakan gambar di atas.

2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.

Ceritakan hasil pengamatan kelompokmu. Lakukan bergantian dengan kelompok lain.

Jawab:

1. Gambar di atas menunjukkan tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.

2. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Air dari laut, sungai, dan danau menguap akibat terkena panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Setelah itu, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi. Maka jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Kunci Jawaban Halaman 10

Ayo Membaca

Siklus Air

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan manusia akan air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh karena itu, manusia seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam.

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terusmenerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air berikut ini!

Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.

Dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

(Sumber: IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional)

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Jawab:

Contoh

Siklus Air
Siklus Air (ilmudasar.id)

Kunci Jawaban Halaman 13

Jelaskan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” dengan bahasamu sendiri. Tulislah dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tulislah dalam kotak berikut, lalu bacalah di depan teman-teman dan Bapak/Ibu Guru.

Jawab:

Peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang”, yaitu:

– Beri si Beruang mengancam semut yang ditemuinya, karena semut itu sedang membawa guci untuk mengambil air.

– Beri sangat marah karena tidak dihiraukan dan mencoba mencari semut tersebut, namun tidak ketemu.

– Saat semut-semut berbaris menuju mata air, mereka melihat guci air Semut Hitam tergeletak di jalan.

– Para semut mengira Semut Hitam ditangkap oleh Beri Beruang, merekapun berniat membebaskan Semut Hitam.

– Kelinci melarang para semut ke mata air, tetapi diabaikan dan mereka terus bergerak ke sarang Beruang.

– Di tengah jalan, seekor tupai mengingatkan mereka karena beruang sedang marah tetapi diabaikan.

– Para semut tiba, mereka menggali lubang perangkap untuk Beri Beruang di depan pohon oak dibantu seekor tikus tanah.

– Akibat perangkap tersebut, ketika Beri Beruang kembali ke sarangnya di malam hari, ia jatuh ke lubang tersebut.

– Semut Hitam telah kembali karena ternyata ia hanya terpeleset di jalan, dan para semut hidup damai di sarang mereka.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya belajar menyanyikan lagu “Air Terjun”, mempelajari siklus air, dan menjelaskan kembali peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” dengan bahasaku sendiri.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, jelaskan fungsi air bagi anggota keluargamu.

Fungsi air bagi anggota keluargaku adalah untuk memenuhi kehidupan sehar-hari, yakni seperti untuk membersihkan diri atau mandi, menyirami tanaman di sekitar rumah, mencuci pakaian dan piring, dan untuk memenuhi cairan tubuh dengan cara minum.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Latifah)

Rekomendasi

Halo Bun, izin menyampaikan, KTP saya rusak, apakah bisa diganti dengan KTP yang baru. Mohon informasinya. Jika bisa apa saja persyaratannya

JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 16 17 23 26 Tematik Subtema 1 Pembelajaran 3

Back to Top