Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Jawaban TEMA 8 Kelas 5 Halaman 16 17 23 26 27

Berikut kunci jawaban kelas 5 tema 8 pembelajaran 3 halaman 16,17 dan 23, 26 dan 27 dikutip dari buku guru dan buku siswa serta berberapa sumber lain.

=== Kunci Jawaban Halaman 15-16-17 ===

Ayo Membaca

Rumah Betang Uluk Palin

Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah betang ini berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan memiliki 53 bilik rumah. Menurut data pada tahun 2007, rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.

Tidak diketahui persis pada tahun berapa rumah betang ini pertama kali dibangun. Namun, diperkirakan rumah ini pertama kali didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an. Kemudian, rumah betang
ini pernah diperbaiki pada 1940-an karena kebakaran. Rumah betang ini juga telah tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat erosi.

rumah betang Ulul Paling
rumah betang Ulul Paling (tribun/ist)

Dalam tradisi Dayak, rumah betang—dan hutan—adalah pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan. Seperti jika kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak. Bagi mereka, rumah betang juga merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. Rumah betang adalah kekayaan budaya Indonesia.

Namun, pada Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar. Tidak ada yang tersisa dari rumah betang yang terpanjang dan tertua di seantero Kalimantan itu. Masyarakat bersedih karena kehilangan tempat tinggal. Lebih dari itu, masyarakat Kalimantan bersedih karena rumah betang uluk palin merupakan cagar budaya yang sangat penting.

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.

1. Ceritakanlah secara singkat peristiwa pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”

2. Apa keunikan rumah Betang?

3. Apa keunikan rumah adat di daerahmu?

Tulislah hasil diskusimu, lalu bacalah di depan kelompok lain dan bapak/ibu guru

Jawaban :

– Peristiwa yang terjadi pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”

1. Rumah Betang Uluk Palin merupakan rumah adat suku Dayak

2. Rumah Betang Uluk Palin terletak di Kapuas Hulu, di daerah Kalimantan Barat

3. Rumah Betang Uluk Palin mempunyai ukuran panjang 268 meter dan dengan ketinggian 5-6 meter

4. Rumah Betang Uluk Palin ternyata dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga

5. Rumah Betang Uluk Palin kebakaran pada tanggal 13 September 2014 dan tidak ada yang tersisa akibat kebakaran itu.

– Keunikan Rumah Betang Uluk Palin :

1. Dihuni oleh lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga

2. Dibangun tinggi dari permukaan tanah untuk menghindari musuh, binatang buas atau banjir

3. Bentuknya memanjang serta terdapat sebuah tangga dan pintu masuk ke dalam

4. Tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan sungai Nyabau akibat erosi

5. Dapat ditemui di pinggiran sungai-sungai besar yang ada di Kalimantan

– Keunikan rumah adat di daerahku :

(jawaban relatif beda, tergantung daerah/wilayah masing2 siswa)

Bahan referensi rumah adat bisa di serching atau cari di google berbagai macam nama rumah adat

Ayo Membaca 

Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia Kekayaan budaya Indonesia karena berbagai suku bangsa yang ada.
Kekayaan itu beragam bentuknya. Beberapa di antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah berupa taritarian, alat musik, lagu-lagu, dan upacara adat. Semua budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. Berikut contoh budaya daerah di Indonesia.

1. Bahasa Daerah

Setiap suku bangsa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah setempat. Dengan demikian, keragaman suku menghasilkan bahasa yang beragam. Perhatikan contoh keragaman kata akibat keragaman bahasa
daerah berikut.

(lanjutkan membaca di halaman 18, 19, 20, 22, 23)

=== Kunci Jawaban Halaman 23 ===

Ayo Bermain Peran

Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diperlukan sikap toleransi di antara masyarakat Indonesia.

Sikap apa yang dapat kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia? Buatlah naskah drama pendek tentang sikap toleransi, lalu mainkan naskah drama tersebut.

Masruhatul pergi ke rumah Widya bersama dengan Azizah. Mereka berencana hendak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Widya adalah siswa pindahan dari daerah Bali dan bersekolah di sekolah tempat Masruhatul dan Azizah yang berada di pulau Jawa.

Jawaban :

Naskah Drama Pendek

Widya  : “Silakan masuk teman-teman. Silakan dinikmati hidangan yang aku siapkan buat kalian. Aku tinggal dulu ke belakang sebentar ya.”

Azizah  : “Ya”

Masruhatul : “Azizah.”

Azizah : “Ya, ada apa Masruhatul?”

Masruhatul : “Kamu kan suka jeruk? itu ada jeruk besar, di pojok ruangan itu, kelihatannya enak.”

Azizah : “Hus, tidak boleh.”

Masruhatul : “Kenapa? kan kata Widya diperbolehkan memakan makanan yang disediakan?”

Azizah : “Iya, tapi itu Jeruk bukan untuk dimakan kita, tapi itu adalah salah satu kebiasaan adat budaya tempat Widya berasal”

Masruhatul : “O, begitu ya. Kalau begitu kita makan yang disediakan di meja depan kita saja.”

Azizah : “Iya, kita harus menghormati keragaman budaya yang banyak tersebar di Indonesia.”
Masruhatul : “Benar sekali”

Tugas

Kerjakan tugas ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa

1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata

……….. (jawaban sesuai daerah masing-masing)

2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian adat daerah daerahmu

…….. (Alternatif jawaban sesuai daerah masing-masing)

3. Tuliskan judul lagu-lagu daerah di Indonesia

Jawaban

Jambo-jambo dari Acel

Dewa Ayu dari Bali

Bubuy Bulan dari Jawa Tengah

=== Kunci Jawaban Halaman 26 ===

Ayo Mengamati

Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam.

Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan contoh berikut

Jawaban

Kebun sayur memanfaatkan tanah pekarang rumah, menghasilkan sayur seperti buah tomat, kacang panjang dan lainnya. Bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tanggal atau dijual.

Kunci Jawaban Halaman 27

Ayo Bercerita

Ceritakan pengamatan kalian di depan kelompok-kelompok lain dan Bapak/Ibu guru.

Bandingkan dengan hasil pengamatan kelompok lain.

Jawaban 

Banyak sekali keragaman sosial di daerah lingkungan tempat tinggalku. Keragaman itu antara lain dalam bentuk jenis usaha/pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat. Beberapa diantaranya adalah menanam sayuran, yang mana hasilnya bisa dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Ada masyarakat yang beternak kambing, yang mana hasilnya bisa berupa daging dan susu, yang sebagian besar hasilnya untuk dijual. Ada juga profesi petani yang mengolah lahan pertanian untuk menghasilkan beras untuk dikonsumsi maupun untuk dijual. Ada juga petani tambak, yang mengolah lahan tambak dengan hasil berupa ikan bandeng dan udang, yang hasilnya untuk dikonsumsi dan dijual. Sedangkan dipinggiran kampung, ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan hutan dengan memotong dan menjual kayu hutan untuk dipakai bahan bangunan dan mebel. Keragaman sosial di lingkungan kami membuat kami lebih menghargai perbedaan yang ada, dan makin mempererat persatuan.

Ayo Bercerita

Ceritakan pengamatan kalian di depan kelompok-kelompok lain dan

Bapak/Ibu Guru.
Bandingkan dengan hasil pengamatan kelompok lain.

Ayo Renungkan

Apa yang telah aku pelajari hari ini?

Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?

Kegiatan Bersama Orang Tua

1. Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan
tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.
Bentuk-bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan tempat
tinggalku:
1. _____________________________________________________________________
2. _____________________________________________________________________
3. _____________________________________________________________________
4. _____________________________________________________________________
5. _____________________________________________________________________

2. Identifikasilah kebutuhan dalam keluargamu yang memanfaatkan hasil
dari usaha bidang agraris.

No. Jenis Kebutuhan Hasil Usaha yang Dimanfaatkan
1. nasi pertanian padi



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI Jawaban TEMA 8 Kelas 5 Halaman 16 17 23 26 27 & 15 – 28 Subtema 1 : Manusia dan Lingkungan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/18/kunci-jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-16-17-23-26-27-15-28-subtema-1-manusia-dan-lingkungan?page=all.
Penulis: Madrosid
Editor: Madrosid

Rekomendasi

Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 52 53 54 55 56 57 58

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 Halaman 29 30 31 32 33 34

Back to Top