Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 95 96 97 98 99 100

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 95 96 97 98 99 100

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 4 Subtema 2 pembelajaran 4  halaman  95, 96, 97, 98, 99, dan 100 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 95

Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan
ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.

Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

>>> Halaman 96

***Ayo Berdiskusi***

Bentuklah kelompok terdiri atas 4 anak.

Lakukan kegiatan berikut dan berdiskusilah.
1. Cari tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.

Jawaban :

Pekerjaan masyarakat Kota Tangerang yaitu :

-Pedagang
- Wirausaha
- Guru
- Dokter
- Buruh Pabrik
- Montir
- Pengerajin

2. Di Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu dapat mencari tahu nama-nama bangunan tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama bangunan dan keunikannya pada kotak berikut.

bangunan tua di kota tanggerang www.simplenews.me

Jawaban :
– Kelenteng Boen Tek Bio
– Reruntuhan Benteng / Kota Benteng
– Pasar Lama Tangerang
– Masjid Jami Kali Pasir
– Museum Benteng Heritage
– Taman Makam Pahlawan Seribu dan Monumen Lengkong

>>> Halaman 97

***Ayo Membaca***

Bacalah cerita fiksi mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet.
Setelah kamu membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.

1. Menceritakan tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?

Jawaban :
Certa fiksi yang saya baca tentang Cerita rakyat Ayub dari Teluk Naga
Cerita rakyat Ayub dari Teluk Naga, mengisahkan tentang kepahlawanan seorang yang bernama Ayub dalam upaya berjuang kebatilan yang ditimbulkan oleh kaki tangan penjajah Belanda. Daerah Teluk Naga itu sendiri merupakan sebuah daerah yang terletak di sebelah pesisir Tangerang bagian Utara atau yang lebih terkenal dengan julukan daerah Panturanya Tangerang.

2. Adakah tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya dalam cerita itu

Jawaban :
Haji kosim dan nenek nikmah Dan ayub.

Ceritakan kembali isi bacaan yang kamu baca di depan teman-teman. Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban.

***Ayo Mengamati***

Amatilah gambar berikut.

>>> Halaman 98

1. Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut?

Jawaban: 

Pada gambar kedua terlihat sebagian besar buruh yang bekerja pada pabrik sepatu adalah perempuan. Namun, di sana juga terlihat ada pekerja laki-laki. Pada gambar pertama terlihat bahwa pekerja di pabrik ban didominasi oleh laki-laki. Kesamaan pada kedua gambar adalah adanya pekerja lakilaki pada kedua pabrik tersebut.

2. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya.

Jawaban :

Industri minyak kelapa sawit, yang bekeja di Industri kelapa sawit kebanyakan adalah masyarakat sekitar dan pekerjanya adalah karyawan dan buruh harian.

>>> Halaman 99 

***Ayo Berlatih***

1. Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?
2. Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?
3. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?

Jawaban :
1. Keragaman karakeristik individu di sekolah dapat berupa keragaman fisik, sifat, kegemaran. Berikut manfaat keragaman karakteristik di sekolah.
a. Di sekolah, terdapat teman-teman yang memiliki keragaman fisik berbeda, misalnya tinggi badan. Apabila kita tidak dapat mengambil benda di tempat tinggi, kita dapat meminta bantuan teman yang lebih tinggi dari pada kita.
b. Selain itu, apabila kita memiliki teman yang berasal dari daerah lain, kita akan kaya akan pengetahuan. Kita dapat mengetahui informasi tentang daerah asal teman kita tersebut, misalnya saja tentang adat istiadatnya, keunikan daerahnya, makanan khas dan bahasa daerahnya.

2. Sikap terhadap teman yang pendiam. Saya akan mendekatinya dan mengajaknya bermain bersama teman yang lainnya.

3. Sikap terhadap teman berbeda agama. Saya akan menghargai dan menghormati teman saya tersebut, misalnya dengan cara mempersilakan beribadah sesuai ajaran agamanya.

4. Sikap terhadap teman yang berasal dari daerah lain. Saya akan menjalin pertemanan dan bermain dengan mereka. Memiliki teman dari daerah lain akan memperkaya kita dengan pengetahuan tentang daerah tersebut.

>>> Halaman 100

***Ayo Renungkan***

Apakah yang sudah kamu pelajari hari ini? Bagaimana perasaanmu sesudah melakukan kegiatan pada pembelajaran ini?

Jawaban:

Tentang keragaman karakteristik teman teman di sekolah.

Perasaanku senang bisa mengenal teman teman baru yang berasal dari berbagai suku, agama dan bahasa yg berbeda.

***Kerja Sama dengan Orang Tua***

Tanyakan kepada orang tuamu keunikan daerah tempat tinggalmu. Tanyakan mengenai industri yang ada, pekerjaan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, kesenian yang ada, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa.

Jawaban:

Contoh lingkungan daerah tempat tinggal di Pontianak.

Pontianak yang berada di pesisir barat dari Pulau Kalimantan tidak hanya dikenal sebagai kota pelabuhan.

Kota yang memiliki Tugu Khatulistiwa ini juga memiliki banyak sekali potensi adat, budaya, dan produknya yang sangat autentik.

Beberapa hasil budaya mungkin hanya bisa dilihat saat acara tertentu, tapi Anda masih bisa menikmati budaya lainnya diantaranya:

–       Gawai Dayak

Masyarakat Dayak memiliki salah satu tradisi unik yang terus dilakukan dari tahun ke tahun. Nama tradisi unik itu adalah Gawai Dayak.

–       Meriam Karbit

Bulan puasa memang tidak bisa lepas dari tradisi membunyikan petasan. Di Pontianak, ada tradisi membunyikan petasan yang dilakukan sejak puluhan tahun silam. Di sini petasan atau bisa disebut meriam ini terbuat dari paralon yang dilubangi atasnya. Bahan baku untuk meriamnya bukan mesiu, tapi batu karbit yang biasanya digunakan untuk memeram buah.

Karbit dimasukkan ke air hingga seperti mendidih lalu disulut dengan api agar terdengar bunyi letusan mirip meriam.

–       Robo-Robo

Robo-robo adalah tradisi syukuran yang dilakukan oleh keluarga kerajaan dan juga warga setempat.

–       Aneka Tari

Pontianak juga memiliki beragam tradisional. Setidaknya ada tiga tari utama yang sering dipentaskan oleh penduduk lokal.

Tari itu terdiri dari Tari Zapin Tembung yang digunakan untuk persembahan. Tari Menoreh Getah untuk menggambarkan kehidupan sehari hari. Terakhir ada Tari madu yang digunakan untuk simbol pertahanan dan martabat.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 95 96 97 98 99 100 Subtema 2 Pembelajaran 4 Tempat Tinggalku, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/25/kunci-jawaban-tema-8-kelas-4-halaman-95-96-97-98-99-100-subtema-2-pembelajaran-4-tempat-tinggalku?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

Rekomendasi

JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 60 63 64 65 66 67 68 69 70 71

JAWABAN Tema 8 Kelas 4 Halaman 101 102 104 105 106 107 108 109 110

Back to Top