Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam (Halaman 75 dan 77)

Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam (Halaman 75 dan 77)
Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam (Halaman 75 dan 77)

HEART.ID – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikut ini admin heart sajikan materi Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam berikut ini yang merupakan kunci jawaban buku tematik lengkap khususnya tematik tema 9 kelas 4 dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua, khususnya di saat pandemi covid- 19 belum usai.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 9, klik disini

Kunci Jawaban Buku Tematik Lengkap 2020 / 2021, klik disini

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Misalnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.


1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.


Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.


Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan.

Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.
Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan seharihari.

  1. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
  2. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
  3. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
  4. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.
  5. Menggunakan energi alternatif.

2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh emanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari.

Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsung bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu sangat besar manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

sumber: damaruta

Demikian tentang Hak dan Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam. Terimakasih sudah mengunjungi laman heart dan membaca semua materi tentang soal dan  jawaban yang ada pada buku tematik semoga materi dari laman heart tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Menurut Pak…buk… ini demi apa? : Mahasiswa Akan Demo Istana, Epidemiolog Ingatkan Risiko COVID-19

Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Back to Top