Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Ghosting-an Pembeli Toko Online Lebih Kejam dari Ghosting-an Kaesang

Istilah ghosting sedang ramai diperbincangkan karena dituding sebagai perlakuan Kaesang Pangarep kepada Felicia Tissue. Jika hal itu terjadi dalam hal percintaan, tanpa disadari kasus serupa juga sering dilakukan pembeli kepada penjual lho.

Pakar Marketing, Yuswohady mengatakan istilah ghosting atau ‘ghost shopper’ muncul sejak marak penjualan online. Mereka adalah yang banyak dan intens bertanya kepada pembeli, lalu menghilang tanpa kabar dan tak jadi beli.

Orang yang suka ghosting dalam hal ini bisa berasal dari kompetitor yang berpura-pura menjadi pembeli. Niat mereka biasanya ingin melakukan survei harga bahkan mengambil karya dan menjiplak.

“Jadi kompetitor itu melakukan ghost shopping untuk mengetahui produk, harga misalnya, atau benefit untuk kompetisi atau meniru. Seperti yang dibilang Pak Jokowi, benci produk luar negeri karena beberapa pemain besar kayak melakukan competitor intelligence, terus produknya di-copy tapi dengan harga yang jauh lebih murah,” katanya kepada detikcom, Senin (8/3/2021).

Di luar itu, orang yang melakukan ghosting bisa juga berasal dari pembeli sesungguhnya. Mereka biasanya memiliki beberapa tempat belanja online dan ingin mencari harga terbaik sebelum memutuskan untuk membeli.

“Konsumen nyari harga yang paling bagus. Bukan yang paling murah ya, tapi harga yang paling bagus, artinya secara kualitas oke tapi harganya yang terbaik. Itu namanya value,” tuturnya.

Apakah ghosting sah untuk dilakukan? klik halaman berikutnya.

Yuswohady menilai perlakuan ghosting merupakan nasib yang harus diterima oleh penjual online. Dalam hal ini penjual juga tidak bisa membedakan dari awal apakah orang tersebut serius membeli atau tidak.

“Kita akan bisa ngerti ini ghost shopper atau bukan itu dari pengalaman. Kalau orang yang nanya detil kita anggap ghost shopper kan nggak semua begitu juga. Ini seni lah, memang nasib namanya jualan. Jangan kita kecurigaan terhadap ghost shopper membuat service kita jadi menurun,” sarannya.

Jadi, apakah detikers sebagai penjual pernah di-ghosting pembeli? Atau justru sebagai pembeli yang suka ghosting? Ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya!(fdl/fdl/DETIK.COM)

Rekomendasi

Mantap! Luhut Beberkan Bukti Ekosistem Startup RI Juara di Dunia

Standby Lur! Gibran Mau Buka Bioskop

Back to Top