Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Cara Menulis Abstrak

Cara Menulis Abstrak

1. Latar belakang

Jelaskan latar belakang masalah penelitian. Sebuah penelitian kita lakukan karena memiliki urgensi dan tujuan tertentu. Maka pada bagian ini, kita perlu menjelaskannya secara singkat.

2. Metode atau pendekatan masalah

Jelaskan metode yang digunakan pada penelitian. Metode penelitian adalah sebuah alat untuk menyelesaikan permasalahan pada suatu penelitian. Dengan menuliskannya, pembaca akan mengetahui bagaimana cara dan langkah yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

3. Hasil penelitan

Deskripsikan secara singkat hasil penelitian. Yaitu berupa apa saja yang didapat saat melakukan penelitian. Pada bagian ini kita hanya perlu menjelaskan secara umum saja sebagai gambaran bagi pembaca.

4. Kesimpulan

Simpulkan hasil penelitian yang kita lakukan. Kesimpulan adalah suatu hal yang paling vital dalam suatu penelitian, maka ungkapkanlah dalam beberapa kalimat penting saja. Tidak perlu bertele-tele. Agar pembaca bisa tahu apakah kita berhasil menjawab pertanyaan penelitian atau tidak?

  1. Kata kunci

Pada akhir abstrak, bubuhkan kata kunci yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Jumlah kata kunci berkisar antara tiga sampai lima kata yang dipisahkan dengan tanda koma. ini berguna memudahkan pencarian secara online. Kata kunci dapat dipilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.

Rekomendasi

Temukan/tuliskan 5 hal yang menurut Anda penting dibahas dalam wacana itu.

Susun kembali paragraf berikut ini dengan memperhatikan susunan kalimat yang benar (efektif) dan kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia sehingga menjadi sebuah paragraf yang baik

Back to Top