Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Cara Membuat Suara Merdu Dengan 3 Ramuan Alami

Setiap orang pastinya memiliki suara yang berbeda-beda. Tidak sedikit orang yang ingin sekali memiliki suara yang merdu dan nyaring terutama yang bercita-cita untuk menjadi seorang penyanyi. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat suara merdu dan nyaring tersebut?

Nah, kali ini bacaterus.com akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membuat suara merdu dan nyaring. Selain itu kami juga akan mengulas beberapa resep ramuan yang bisa Anda gunakan untuk membuat suara semakin cantik.

Tips Membuat Suara Menjadi Merdu

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda praktekan setiap harinya di waktu lengang untuk membuat suara merdu. Semakin sering Anda melatihnya, maka semakin cepat pula Anda akan terlatih untuk menghasilkan suara yang indah.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membuat suara merdu:

Melakukan pemanasan, yaitu dengan cara melatih vokal Anda dengan bunyi-bunyian seperti mah, ah, doh, mei, mi, mu, dan mow dengan nada vokal yang rendah maupun tinggi.

Melakukan latihan dengan sesering mungkin, agar nada pada pita vokal kita cepat terbiasa.

Melakukan dan mengulangi latihan sesering mungkin dengan menyanyikan lagu-lagu yang memiliki nada tinggi sesuai dengan vokal Anda dan mengulanginya beberapa kali. Hal ini juga akan bisa membiasakan vokal Anda menjadi merdu.

Menyanyikan satu atau dua lagu dengan vokal yang tinggi dan rendah sesuai dengan oktaf yang Anda miliki.

Perihal Yang Harus Dihindari Saat Latihan Vokal

Dengan melakukan sesering mungkin latihan di atas, pastinya Anda akan memiliki suara merdu serta nyaring. Akan tetapi, saat Anda melakukan cara membuat suara merdu di atas, Anda harus juga bisa memperhatikan serta menjauhi dari beberapa hal yang bisa membuat suara Anda menjadi buruk lagi.

Berikut adalah hal yang harus dihindari agar suara menjadi merdu:

Hindari merokok.

Menghindari berteriak-teriak hingga membuat suara Anda menjadi serak.

Jangan mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin seperti es.

Menghindari makanan penyebab suara serak seperti makanan berlemak atau berminyak.

Menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan susu, karena ini akan membuat pita suara menjadi tegang.

Jangan memaksa kemampuan oktaf, lakukan dengan cara perlahan-lahan dan diulang sesuai dengan oktaf pada pita suara Anda.

Menikmati latihan.

Ramuan Untuk Membuat Suara Merdu

Untuk mempermudah Anda dalam mempunyai suara merdu dan nyaring, Anda sebaiknya meminum air putih mineral sebanyak-banyaknya. Karena ini akan sangat membantu Anda dalam memulihkan pita suara Anda. Selain meminum air putih mineral, masih ada beberapa ramuan lain yang bisa Anda minum untuk membuat suara menjadi indah. Konon ramuan ini sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu kala,

Inilah beberapa ramuan yang bisa dipakai sebagai cara membuat suara bagus dalam waktu 1 minggu:

Buah lobak dan gula jawa

Ramuan yang pertama adalah dengan menggunakan gula jawa yang dicampur dengan buah lobak atau ubi. Pertama-tama, ambilah 3 buah lobak lalu parut hingga halus. Setelah itu, campurkan parutan tersebut dengan gula jawa dan air hingga merata.

Embunkan ramuan tersebut di udara terbuka selama 1 malam. Di pagi harinya, minumlah ramuan tersebut hingga habis tanpa menelan endapannya. Agar hasilnya maksimal, minumlah ramuan ini setiap dua hari sekali.

Ramuan jeruk nipis

Ramuan yang selanjutnya menggunakan bahan berupa jeruk nipis 2 buah, kapur sirih seujung kuku, madu asli satu sendok, dan garam secukupnya. Untuk membuatnya cukup campurkan semua bahan tersebut ke dalam air sebanyak satu gelas.

Setelah itu, minumlah ramuan ini  setiap seminggu sekali untuk menghasilkan suara yang merdu dan juga nyaring. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa meminumnya 2 kali dalam 1 minggu, agar suara merdu Anda bisa awet.

Ramuan Jahe

Ramuan yang terakhir ini menggunakan bahan berupa cabe merah 2 buah, ditambah madu 2 sendok, parutan jahe 2 ruas, serta kelapa parut seperempat. Campurkanlah semua bahan tersebut dengan air secukupnya kemudian peras. Nah, minumlah air hasil perasan tersebut untuk membuat suara Anda menjadi merdu dan indah.

Cara Lain untuk Memiliki Kualitas Suara dan Vokal yang Baik

Suara yang merdu adalah aset berharga bagi para penyanyi. Jika Anda baru ingin meniti di dunia tarik suara, maka Anda harus memiliki suara yang merdu. Cara membuat suara merdu secara alami bisa diwujudkan dengan mengonsumsi 3 ramuan di atas, tetapi Anda juga harus melakukan hal-hal lain agar suara Anda lebih merdu dan enak didengar.

1. Melatih artikulasi

Seorang penyanyi harus memiliki artikulasi yang jelas dalam menyanyikan lirik, baik itu lirik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Jadi, Anda harus menguasai teknik artikulasi dengan lebih sering berlatih dengan lagu-lagu yang memiliki lirik dengan kata-kata yang sedikit susah.

2. Melatih teknik pernapasan

Hal penting yang harus dikuasai oleh seorang penyanyi adalah teknik pernapasan. Teknik ini dibutuhkan untuk mencegah penyanyi kehabisan suara saat harus menyanyikan lagu dengan nada tinggi. Berikut adalah cara sederhana untuk melatih pernapasan:

Berdiri atau duduk bersila dengan posisi punggung yang tegak

Tarik napas dalam-dalam dengan melibatkan pernapasan perut, hitung sampai 10 detik dan pusatkan napas pada perut sampai terlihat mengembung

Tahan napas di perut selama 10 detik

Keluarkan napas dari mulut secara perlahan

Lakukan latihan ini secara berulang

3. Bersihkan lendir pada tenggorokan di pagi hari

Ketika Anda bangun pada pagi hari, Anda harus membersihkan lendir dan tenggorokan sebelum menggosok gigi. Bersihkan lendir dengan cara memasukkan kedua jari tangan Anda ke dalam tenggorokan, maka mulut akan mengeluarkan lendir dan kotoran yang menumpuk di tenggorokan akan keluar. Setelah itu, teteskan air ke dalam hidung karena cara ini juga cukup efektif untuk membersihkan lendir yang masih menyumbat hidung Anda.

4. Minum air hangat sebelum tidur

Cara membuat suara merdu yang paling sederhana dan bisa Anda lakukan setiap hari adalah minum air hangat sebelum tidur. Minumlah air ini dengan posisi berdiri sembari kepala sedikit menengadah ke atas. Posisi ini akan memungkinkan air untuk melewati tenggorokan. Akan tetapi, jangan pernah menggunakan air yang terlalu panas karena hal tersebut dapat merusak tenggorokan.A

5. Minum air putih 8 gelas sehari

Apa hubungan antara minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dengan membuat suara jadi merdu? Tentu saja ada, minum air putih yang cukup menjaga agar tenggorokan Anda tetap segar dan tidak terasa kering. Dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, maka suara akan lebih merdu, tidak serat dan sangat enak didengar.

6. Latihan pernafasan di rumah

Tahukah Anda bahwa untuk berlatih pernafasan agar Anda bisa mengambil nafas panjang saat menyanyi tidak harus dilakukan di pelatih vokal. Anda pun bisa melatih pernapasan Anda kapan saja dan di mana saja.

Melatih pernafasan tidak hanya sekedar untuk dapat menyanyikan nada tinggi, tapi bisa juga untuk membuat suara terdengar lebih merdu dan tidak fals. Silakan baca artikel cara melatih teknik pernafasan untuk langkah-langkah mudahnya.

7. Jagalah kesehatan lambung

Sayangnya, masih banyak penyanyi yang belum mengetahui pentingnya menjaga kesehatan lambung agar dapat memiliki suara yang indah. Apabila asam lambung naik hingga ke paru-paru dan tenggorokan, maka asam lambung tersebut dapat merusak pita suara yang berada di dekat tenggorokan.

Untuk menghindari asam lambung naik, Anda dapat melakukan berbagai cara, seperti makan secara teratur serta mengurangi makanan pedas, beminyak, dan asam. Anda juga dapat mengonsumsi ramuan tradisional yang sudah kami review di atas.

Nah, itulah beberapa cara membuat suara merdu dengan menggunakan 3 ramuan bahan alami. Jangan lupa pula untuk menghindari berbagai faktor penyebab suara serak agar suara merdu Anda tetap awet. Dengan suara merdu kini Anda dengan percaya diri bernyanyi tanpa takut suara sumbang ataupun serak. Selamat mencoba!

Sumber: bacaterus.com

Rekomendasi

Cara Membuat Suara Merdu Dengan 3 Ramuan Alami

Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Berangkat 26 Juni Jika Arab Saudi Kasih Kepastian, Wajib Karantina

Back to Top