Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Berapa Jumlah Tulang Manusia

Apa Saja Fungsi Tulang||Berapa Jumlah Tulang Manusia
Berapa Jumlah Tulang Manusia

Heart.id – Sahabat Heart kamu lagi mencari jawaban tentang Berapa Jumlah Tulang Manusia . Tepat sekali, disini kamu akan menemukan jawabannya dan juga akan di bahas tuntas.

Atau kamu sedang butuh jawaban Apa itu tulang? Ada berapakah jumlah tulang manusia? okey, akan kita bahas.

Berapa Jumlah Tulang Manusia

Namun tahukah anda bahwa tulang manusia ini memiliki 206 ruas. Cukup banyak bukan ruas tulang ini terbagi menjadi beberapa kelompok diantaranya :

Berapa Jumlah Tulang Manusia
Berapa Jumlah Tulang Manusia

1. Jumlah tulang tengkorak kepala 28 ruas

Tulang tengkorak memiliki peranan penting dalam melindungi organ yang ada pada kepala anda seperti otak. Tulang tengkorak ini memiliki berbagai macam tulang ruas hingga berjumlah 28 ruas diantaranya seperti 1 tulang frontal (tulang dahi) dan 2 tulang patrietal (tulang ubun – ubun).

Adapula 1 tulang ospital (tulang kepala belakang), 2 tulang sphenoid (tulang baji), 2 tulang temporal (tulang pelipis), 2 tulang nasal (tulang hidung), 2 tulang zigomatik (tulang pipi), 1 tulang maksila (tulang rahang atas), 2 tulang mandibula (tulang rahang bawah)

Terdapat juga 1 tulang vomel (tulang lidah), 2 tulang platinum (tulang langit – langit mulut), 2 tulang ethmoid (tulang tapis), 2 tulang lakrimal (tulang air mata),

Bagian akhir 2 tulang malleus (tulang martil), 2 tulang incus (tulang landasan) dan 2 tulang stapes (sanggurdi). Nah itulah beberapa tulang yang melindungi organ dalam di kepala anda.

2. Jumlah tulang badan 56 ruas

Tulang badan merupakan tulang yang berada di tengah selain tulang kepala dan tulang gerak.  Tulang ini hanya bisa bergerak terbatas tidak seperti tulang gerak.

Tulang ini memiliki beberapa macam – macam hingga 56 ruas diantaranya : 7 ruas tulang cervical (tulang leher), 12 ruas tulang dorsal (tulang punggung), 5 ruas tulang lumbalis (tulang pinggang), 5 ruas tulang sacrum (tulang kelangkang) dan 4 ruas tulan corcig (tulang ekor).

Adapula 1 ruas tulang sternum (tulang dada), 7 pasang tulang costa vera (tulang rusuk sejati), 23 pasang tulang costa spuria (tuang rusuk palsu) dan 2 pasang tulang costa fluctuantes (tulang rusuk melayang).

Selain itu ada juga 2 tulang scapula (tulang belikat), 2 tulang clavicula (tulang selangka), 2 tulang illium (pinggul), 2 tulang ischium (tulang duduk) dan 2 tulang pubis (tulang kemaluan).

3. Jumlah tulang anggota gerak 122 ruas

Tulang gerak merupaan tulang yang memiliki kemampuan bergerak bebas. Tulang ini biasanya terdapat pada tulang tangan dan kaki, tentunya dengan demikian tulang ini memiliki peranan penting untuk membuat rutinitas anda terjaga.

Tulang ini memiliki 122 ruas diantaranya : 2 tulang humerus (tulang lengan atas), 2 tulang radius (tulang pengupil), 2 tulang ulna (tulang hasta), 16 tulang carpal (tulang pergelangan tangan) dan 10 tulang metacarpal (tulang telapak tangan).

Adapula 28 tulang falanges (tulang ruas jari tangan), 2 tulang femur (tulang paha), 2 tulang patella (tulang tempurung lutut), 2 tulang tibia (tulang kering) dan 2 tulang fibula (tulang betis).

Adapun lainnya seperti 2 tulang kalkaneum (tulang tumit), 14 tulang tarsal (tulang pergelangan kaki), 10 tulang metatarsal (tulang telapak kaki), dan  28 tulang falanges (tulang ruas jari kaki) juga ada pada anggota gerak.

Apa itu tulang?

JAWAB: Tulang atau bisa di sebut dengan kerangka merupakan salah hal yang ada pada tubuh kita dan sebagai penopang segala otot sehingga kita dapat berdiri tegak.

Ada berapakah tulang manusia?

JAWAB: Tulang manusia ini memiliki 206 ruas.

Demikian tentang Berapa Jumlah Tulang Manusia. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi

Apa Sih Beda Hotel Bintang 1 Hingga Bintang 5?

Ahok Mau Cabut Laporan Penghinaan di Polda Metro, Ini Alasannya

Back to Top