Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Belajar dari Rumah TVRI SMP Soal dan Jawaban Tanggal 20 Juli 2020 -24 Juli 2020

Belajar dari Rumah TVRI SMP Soal dan Jawaban Tanggal 20 Juli 2020 -24 Juli 2020 – Bapak / Ibu Guru serta Ayah dan Bunda, berikuti ini admin heart sajikan materi berikut ini dengan harapan dapat membatu dalam mendampingi belajar putra-putri anda semua.

Tidak perlu prolog panjang lebar langsung saja dapat disimak berikut ini

Belajar dari Rumah TVRI SMP Soal dan Jawaban Tanggal 20 Juli 2020 -24 Juli 2020

Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi Literasi 


Panduan untuk Orang Tua

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 

  1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikan tayangan program dengan memperhatikan kesantunan berbahasa. 
  3. Pandulah anak mengerjakan tugas yang disampaikan dalam tayangan. 
  4. Berikanlah semangat dan bantuan kepada anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program. 
  5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan  inspirasi dari kehidupan yang dapat menguatkan karakter anak. 

Untuk SiswaBerikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan: 

  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung informasi dengan data yang akurat dan juga tepat. 
  2. Berdiskusilah dengan orang tua atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk akal yang dapat diuji tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat tepat berdasarkan tugas yang diberikan. 
  3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan. 
  4. Pastikan referensi atau rujukan yang kamu ambil adalah rujukan yang akurat dan benar. 
  5. Kutiplah informasi yang memiliki nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan. 
  6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta gunakan memperhatikan norma kesopanan

Panduan untuk Tayangan yang Menekankan pada Kompetensi

Numerasi 


Panduan Untuk Orangtua

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 

  1. Jika memungkikan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. 
  3. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 
  4. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. 
  5. Jika memungkinan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 
  6. Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menyelesaikan tugas. 

Panduan untuk Siswa 

Berikut hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan: 

  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan. 
  2. Berusahalah untuk mengerjakan tugas yang disampaikan. 
  3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas. 
  4. Catatlah hal-hal yang belum dapat kamu pahami dengan baik sebagai bahan diskusi dengan orang tua dan/atau dengan guru serta temanmu dengan menggunakan gawai. 
  5. Mintalah bimbingan dari orang tua atau saudaramu jika memungkinkan.

***
Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id.
Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.
***
Soal dan Jawaban


Senin, 20 Juli 2020

Permainan Tradisional Anak

KOMPETENSI LITERASI: Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta.

Pernahkan kamu melakukan permainan tradisional? Tahukah kamu banyak manfaat bahkan filosofi dari permainan tradisional? ayo kita cari tahu filosofi dan manfaat dari permainan tradisional! 

Pertanyaan: Adakah 7 permainan tradisional tersebut di daerahmu?

Samakah nama permainan tersebut? Adakah permainan tradisional lainnya yang terdapat di daerahmu yang melatih kerja sama dan juga sabar?  

 Jawab:7 permainan yang ada dalam tayangan adalah galasin, egrang, engklek, congklak, hompimpa, peetak umpet dan lompat tali. Semua ada di daerah saya. Namanya sama.

Pemainan tradisional lainnya :- betengan yang merupakan permainan dua kelompok yang saling mempertahankan benteng masing-masing.(…jawaban ditambah kreativitas siswa masing-masing)


Pertanyaan

Jelaskan pendapatmu tentang nilai moral yang ditunjukkan oleh teman-teman Zaki!

Jawab:– Sesama teman harus saling tolong menolong
– Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan lebih cepat selesai
– kerja keras akan membuahkan hasil

Pertanyaan

Mengapa sebuah permainan membutuhkan strategi? 

Jawab:– agar tujuan yang diinginkan tercapai, yaitu kemenangan/kesuksesan
– agar dapat bekerjasama dengan lebih baik untuk memenangkan permainan
Semoga permainan tradisional tersebut dapat mengisi waktu bermainmu! Selain bergerak, kamu juga dapat berlatih mengatur strategi!***


Selasa, 21 Juli 2020

Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar


KOMPETENSI NUMERASI:
 Menentukan dan menyelesaikan operasi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bentuk akar serta sifat-sifatnya 
Pertanyaan:

Jawaban:Soal Nomor 1:

Soal Nomor 2:

Pertanyaan:

Jawaban:

***
Rabu, 22 Juli 2020

Membaca Biografi Tokoh Penemu

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pertanyaan 1:Bagaimana cara kita membedakan biografi dan autobiografi?

Jawaban:Perbedaan biografi dan autobiografi:- Biografi ditulis oleh penulis lan- Autobiografi ditulis oleh tokoh yang bersangkutan
Menarik ya menyimak kisah hidup Galileo Galilei. Berkat penemuannya berupa teori heliosentris, ia dikenal sebagai salah satu tokoh sains. Tidak menutup kemungkinan, kita juga bisa menjadi penemu dalam perkembangan pengetahuan. Pertanyaan

2: Belajar dari kisah hidup Galileo Galilei, menurutmu sikap apa saja yang bisa kita tanam dalam diri kita agar bisa menjadi penemu?Jawaban:– memupuk rasa ingin tahu- ketekunan- ketelitian- kejujuran- kerja keras


Pertanyaan: Apa manfaat membaca buku perjalanan hidup seorang tokoh?

Jawaban:Menjadikan sebagai insporator, meneladani sikap ilmiahnya dan pemikiran yang maju


***


Kamis, 23 Juli 2020

Himpunan

KOMPETENSI NUMERASI: Menggunakan pengertian dan notasi himpunan (termasuk himpunan semesta, himpunan bagian, himpunan kosong, komplemen himpunan) dan operasi biner pada himpunan untuk menyelesaikan masalah kontekstual.

Pertanyaan 1:Jelaskan  pengertian dari himpunan, himpunan kosong, dan himpunan semesta!

Berikan masing-masing 2 contoh!

Jawaban:– Himpunan adalah sekelompok objek yang terdefinisi dengan jelas (masuk himpunan atau tidak)- Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak memiliki anggota  Contoh: Himpunan nama hari yang dimulai dengan huruf Z, Himpunan bulan yang memiliki 32 hari.- Himpunan semesta adalah seluruh anggota himpunan. 

Contoh:  {0,1,2,3,4,5,…..} adalah semesta himpunan bilangan cacah. {1,2,3,4,5,6,…. } adalah semesta himpunan bilangan asli.Pertanyaan

Diketahui P = {Bilangan prima yang kurang dari 13} a. Tuliskan semua anggota himpunan bagian dari P b.

Tentukan banyak himpunan bagian dari P yang memiliki 2 anggota

Jawaban:a) P = {2, 3, 5, 7, 11}b) Jumlah anggota semesta himpunan P = n = 5

Jumlah anggota yang ditanyakan r = 2

Pertanyaan:Dalam sebuah kelas terdapat 24 siswa yang suka pelajaran matematika, 17 siswa suka pelajaran Olahraga, dan 8 siswa suka pelajaran Matematika dan Olahraga. Bila jumlah siswa dalam kelas tersebut adalah 38 siswa, maka banyak siswa yang tidak suka pelajaran Matematika dan Olahraga adalah …

Jawaban:

***
Jum’at, 24 Juli 2020Fenomena Alam PetirKOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pertanyaan:Jelaskan karakteristik daerah yang berpotensi sering terjadi sambaran petir!


Jawaban:- daerah yang dikelilingi laut dan bergunung-gunung- daerah yang mengapit selat
Pertanyaan:

Sebutkan tiga dampak negatif yang terjadi karena sambaran petir!

Jawaban:- menghancurkan bangunan atau bisa juga membelah pohon, mematahkan ranting.- jika menyambar manusia bisa mengakibatkan luka bakar dan menghentikan detak jantung.- merusak alat elektronik karena memberikan tegangan berlebihan.

Pertanyaan:Sebutkan tiga upaya yang bisa kita lakukan agar terhindar dari sambaran petir!

– memasang alat proteksi eksternal (logam terminal udara, konduktor turun dan grounding). 

– memasang alat penangkal petir.

– memasang arrester untuk melindungi alat elektronik dari tegangan berlebih

– saat ada peir berlindung ke tempat yang memiliki efek sangkar Farady, misalnya mobil.
***


Sumber: DAMARUTA

BACA JUGA: Kumpulan Jawaban Belajar Dari Rumah TVRI Lengkap

Demikian tentang Belajar dari Rumah TVRI SMP Soal dan Jawaban Tanggal 20 Juli 2020 -24 Juli 2020. Terimakasih sudah membaca semoga materi tadi  bermanfaat dan minta doa dukungannya untuk terus dapat mengupdate ilmu pengetahuan yang putra-putri anda semuanya membutuhkan materi pembelajaran.

Rekomendasi

Baca Juga, Soal Dan Jawaban Evaluasi Sub tema 3

Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 Tanggal 20-24 Juli 2020

Back to Top