Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Bansos 2021 Diharapkan Tak Cuma Sentuh Orang Miskin

Beberapa program bantuan sosial (bansos) bakal dilanjut sampai 2021 mendatang. Setidaknya ada lima program bansos yang dilanjut sampai tahun depan, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Bansos Tunai, Kartu Prakerja dan PBI-JKN.

Dari seluruh program bansos yang dilanjut tersebut hanya program bansos tunai yang dianggap paling efektif untuk dilanjut sampai tahun depan. Bansos juga diharapkan menyasar kelompok menengah rentan miskin.

“Yang perlu didorong adalah program bantuan sosial yang sifatnya tunai dan juga menyentuh kelas menengah rentan miskin tidak sekadar kelompok orang miskin,” kata Ekonom di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira kepada detikcom, Sabtu (12/12/2020).

Bantuan lainnya yang perlu dilanjut adalah bantuan subsidi gaji. Bila perlu nominalnya pun ditambah sebab yang saat ini dibagikan masih dirasa kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Bantuan subsidi gaji juga perlu diperluas ke pekerja di sektor UMKM yang belum memiliki BPJS misalnya. Nominal bantuan sebaiknya harus ditambah karena Rp 2,4 juta tidak cukup,” sambungnya.

SUMBER; DETIK.COM

Rekomendasi

Dianggap Tak Tepat Sasaran, Kartu Prakerja Diminta Setop 2021

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Update di www.prakerja.go.id

Back to Top