Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?
Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?

HEART.ID – Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi?

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Ini Penjelasannya! – Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk investasi tertentu. Pertimbangan tersebut bisa dalam bentuk resiko, manfaat, sampai jangka waktu berinvestasi.

Jika saat ini kamu masih bingung antara membeli saham atau obligasi. Pembahasan berikut ini bisa dipertimbangkan sebelum memulai.

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Ini Penjelasannya!


Perbedaan Dasar antara Saham dan Obligasi

chart - investasi saham

Saham dan obligasi memiliki tujuan yang hampir sama yaitu diterbitkan untuk mengumpulkan uang yang akan dimanfaatkan untuk memperluas operasi perusahaan atau entitas.BACA JUGA:Merasa Jalan Di Tempat? 6 Pertanyaan Ini Bisa Mengubah Pola Pikir3 Aplikasi Smartphone yang Bikin Kamu Gagal Hemat

Perbedaannya adalah saat perusahaan menerbitkan saham, itu artinya mereka menjual sebagian kepemilikan kepada pihak lain.

Saat perusahaan menerbitkan obligasi, itu artinya mereka menerbitkan utang dan kamu yang memiliki obligasi berhak mendapatkan pembayaran kembali pokok utang ditambah dengan bunga.


Saham dan Obligasi Sebagai Investasi

bermain saham

Dikarenakan saham mewakili kepemilikan di sebuah perusahaan, maka pemegang saham akan mendapatkan manfaat saat perusahaan berkinerja baik dan perlu menanggung resiko saat perusahaan berkinerja buruk.

Saat perusahaan menghasilkan kinerja yang baik, maka kamu akan mendapatkan dividen yang dibayarkan setiap periode.

Di sisi yang lain, obligasi akan memberikan pendapatan bunga kepada para investor. Ditambah dengan pokok hutang di akhir periode investasi.

Dikarenakan kedua belah pihak sama-sama memberikan manfaat dan keuntungan, maka sulit untuk menentukan mana jenis investasi terbaik yang bisa dipilih.


Apa yang Akan Terjadi Saat Perusahaan Pailit?

investasi uang dana

Perbedaan yang paling mencolok antara saham dan obligasi adalah saat perusahaan mengalami kebangkrutan.

Investor saham akan menjadi pihak yang paling terakhir untuk mendapatkan dana mereka kembali saat perusahaan mengalami kebangkrutan.

Di sisi yang lain, pemegang obligasi atau surat hutang akan menjadi orang yang didahulukan untuk mendapatkan hak saat perusahaan pailit.

Setelah semua pemegang obligasi dan kreditor mendapatkan hak mereka barulah sisa uang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Bahkan dalam kondisi yang lebih buruk, pemegang saham biasanya tidak akan mendapatkan apapun saat perusahaan bangkrut.


sumber: koinwork.com

Nah, apapun jenis investasi yang kamu pilih, pastikan kamu paham betul mengenai kegiatan investasimu agar bunga keuntungan yang dihasilkan lebih maksimal. Semoga, tujuan keuangan kamu pun bisa segera tercapai.

Rekomendasi

emas

Pertimbangan Sebelum Membeli Emas Batangan Atau Emas Perhiasan

Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya

Prediksi Harga Emas 2021 dan Tips Investasinya

Back to Top