Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

Apa Itu Sedang Dievaluasi? Status yang Banyak Dipertanyakan Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Program Kartu Prakerja kembali diselenggarakan pada 2021.

Menurut Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Praekerja Louisa Tuhatu, program ini sudah dibuka sejak Selasa 23 Februari 2021.

Namun, salah satu pengguna Twitter @barulahircuy, mengungkapkan bahwa ia sudah daftar dan mengalami munculnya status “sedang dievaluasi”.

“#cerita mau nanya nih aku Uda daftar kartu prakerja, soal2 Uda aku jawab semua trus gaada verifikasi email maalah di home si prakerja cuma keluar gini (sedang dievaluasi), ini maksudnya apa ya apa nunggu sampai pendaftaran ditutup,” tulis akun @barulahircuy dalam twitnya.

Tak hanya itu, pertanyaan mengenai munculnya status “sedang dievaluasi” pun dituliskan oleh pengguna Twitter lainnya.

“Minta infonya dong, kalo sdh daftar kartu prakerja trus sedang dievaluasi. Nanti proses selanjutnya gimana ya? Ada yg bisa kasih masukan kah?” tulis akun Twitter @Egawanty1 dalam twitnya.

Meski pertanyaan tersebut sudah lama, apakah nantinya status “sedang dievaluasi” ini muncul pada pendaftaran Kartu Prakerja 2021?

Menanggapi hal itu, Head of Communication PMO Kartu Praekerja, Louisa Tuhatu, menyampaikan bahwa status itu akan tetap muncul.

“Betul, akan tetap muncul,” ujar Louisa saat dihubungi Kompas.com, Rabu 24 Februari 2021.

Ia menjelaskan, arti status “sedang dievaluasi” merupakan periode sejak si peserta Kartu Prakerja bergabung dalam seleksi hingga proses seleksi selesai.

“Proses seleksi dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang, bukan dilakukan oleh manusia,” lanjut dia.

Berapa lama proses evaluasi selesai?

Terkait pertanyaan lamanya proses evaluasi Kartu Prakerja, Louisa menjelaskan, proses seleksi/randominasi tidak akan memakan waktu lama.

Sebab, proses tersebut dilakukan melalui sistem. Nantinya, sistem akan melakukan pemeriksaan data dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan administrasi.

“Dalam proses seleksi itu, sistem akan melakukan pemeriksaan data dengan Dukcapil (untuk memverifikasi NIK/KK), dengan Kemsos (untuk memastikan orang itu belum pernah menerima bansos lainnya), dengan Kemdiknas (untuk memastikan orang itu tidak sedang menempuh pendidikan formal),” kata Louisa lagi.

Kapan status “sedang evaluasi” muncul?

Umumnya, tampilan status “sedang dievaluasi” muncul ketika peserta Kartu Prakerja telah selesai membuat akun, mengisi data pribadi, dan melakukan tes.

Sebelum mendaftar, calon peserta Kartu Prakerja diwajibkan membuat akun Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Adapun tata cara pembuatan akun Prakerja, sebagai berikut:

Pertama, masuk ke situs www.prakerja.go.id, klik “Daftar”, dan masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi.

Kedua, buka email dari Kartu Prakerja dan ikutilah petunjuk untuk konfirmasi akun.

Selanjutnya, kembali ke situs Prakerja dan lengkapilah data diri peserta, seperti nama lengkap, alamat email, tempat tinggal, dpmisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto, dan foto KTP.

Setelah rampung melengkapi data diri, peserta Kartu Prakerja akan diminta mengikuti tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes tersebut berlangsung selama 15 menit, dan peserta diminta menunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja yang muncul setelah menyelesaikan tes.

Ketika sudah mendapatkan email, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Dalam tahap ini, nantinya akan muncul status “sedang dievaluasi”.



Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Apa Itu Sedang Dievaluasi? Status yang Banyak Dipertanyakan Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 12, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/24/apa-itu-sedang-dievaluasi-status-yang-banyak-dipertanyakan-pendaftar-kartu-prakerja-gelombang-12?page=all.

Editor: Rizky Zulham

Rekomendasi

RESMI Mendikbud Umumkan Jadwal Masuk Sekolah Terbaru Juli – Hasil Vaksinasi Guru jadi Pertimbangan

Keluarga Nissa Sampai Malu Keluar Rumah, Tetangga Sebut Nissa Sabyan Tak Sayang Orangtuanya

Back to Top