Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in

analisis komparasi pelaksaan demokrasi pada era orde baru dan reformasi

PERTANYAAN:

analisis komparasi pelaksaan demokrasi pada era orde baru dan reformasi

JAWABAN:

BACA KUGA: Daftar Bantuan KUR BRI Online Lewat HP

Perbandingan terhadap demokrasi yang pernah diterapkan di indonesia pada masa orde lama, masa orde baru,dan maupun masa reformasi antara lain adalah:

 Pada masa orde lama 

yang dimana merupakan masa yang berada dibawah kepemimpinan oleh Presiden Soekarno yang ditetapkan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Masa Orde Lama merupakan dimana terbentuknya ataupun terlaksananya demokrasi terpimpin yaitu hal yang berupa setiap keputusan ada pada penguasa dan sifatnya absolut serta di demokrasi terpimpin inilah tercipta rasa untuk bergotong royong, Tidak mau memperoleh kemenangan dan bersifat membeda-bedakan terhadap golongan lain yang berbeda.

Terdapat batasan terhadap partai politik juga.

– Pada masa orde baru 

yang berbeda dengan orde lama dimana masa orde baru adalah masa yang berada dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto yang ciri-ciri dari masa orde baru dapat dilihat bahwa  penentuan keputusan ada pada kekuasaan yang ada di tangan Presiden, lalu dimasa orde baru juga tidak dikenal dengan yang namanya periode jabatan sehingga Soeharto mampu dapat menjabat hingga 32 tahun, Di masa orde baru juga terdapat maraknya KKN (Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme)yang meresahkan rakyat serta terjadinya pembatasan dibagian hak-hak politik rakyat sendiri.

– Pada masa reformasi,

dimana pada masa inilah diberlakukan periode jabatan untuk presiden dan wakil presiden yaitu disepakati dengan masa jabatan selama 5 tahun. Setelah 5 tahun, akan melakukan pergantian.

Lalu, pelaksanaan demokrasi di masa reformasi ini dapat dilihat perubahannya yang ada pada pemilihan kepala pemerintahan yang dilakukan secara langsung, lalu adanya pemberdayaan buat masyarakat-masyarakat sipil, adanya partai politik yang independen serta terjadinya dan terbentuk lembaga-lembaga penguatan masyarakat.

Lalu, untuk pengertian demokrasi sendiri adalah merupakan salah satu hal berupa sistem pemerintahan yang ada di dunia dimana sistem pemerintahan ini dibuat dalam rangka bertujuan untuk menjadikan rakyat supaya bisa menjadi pemegang kekuasaan tertinggi.

Dimana, demokrasi dapat kita ketahui berasal dari bahasa yunani yaitu “Demos” artinya rakyat dan “kratos” artinya Pemerintahan.

Jadi, demokrasi bisa dipahami sebagai pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan demi rakyat.

Hal ini tentu saja menjadikan rakyat menjadi memiliki peranan yang penting  serta dapat melihat kinerja dari pemerintahan supaya tidak terjadi adanya penyalahgunaan di bidang pemerintahan nantinya. 

Sifatnya demokrasi sendiri adalah mutlak.

Yang berarti, hal ini tidak mampu digantikan dari bagian susunan struktur yang ada pada pemerintahan.

SUMBER: BRAINLY

Rekomendasi

analisislah bagaimana penegakan HAM di Indonesia yang berlandaskan UUD NRI Tahun 1945 dan uaraikan apa yang menyebabkan masih banyaknya pelanggaran HAM di Indonesia!

kelemahan praktik demokrasi di Indonesia pada era reformasi yang didasarkan pada prinsip- prinsip demokratis!

Back to Top