Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in ,

1,5 Bulan Lagi Idul Adha, Ini Cara Siapkan Dana Beli Hewan Kurban

Apalagi saat ini terjadi pandemi corona.

Tak terasa bulan depan umat Islam akan merayakan Idul Adha 1442 Hijriah. Jika tak ada perubahan, hari raya Idul Kurban ini akan disambut pada 31 Juli 2020. Umat Islam yang diberikan rezeki berlebih biasanya ingin membeli hewan kurban untuk berbagi dengan saudaranya yang kurang beruntung.

Seperti Idul Fitri yang lalu, perayaan Idul Adha kali ini kemungkinan tidak bisa dilakukan dengan keceriaan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pandemik Covid-19 diperkirakan masih akan berlangsung setidaknya sampai akhir tahun menurut para ahli.

Kondisi prihatin ini tak lantas mengurungkan niat kamu yang ingin membeli hewan untuk disembelih pada Idul Adha mendatang. Sambil menunggu hari raya kurban, kamu masih punya waktu sekitar 1,5 bulan untuk mempersiapkan dananya.

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Dimas Adinugraha mengatakan ada lima hal yang harus diperhatikan jika ingin membeli hewan kurban saat ini.

Pertama, semuanya tergantung niat. Ibadah kurban merupakan salah satu upaya umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, yaitu dengan menjalankan perintah-Nya. Waktu kurang dari dua bulan memang terbilang sangat singkat untuk menyiapkan dana kurban.

Idealnya, dana kurban disiapkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun jika sudah diniatkan, Insya Allah akan diberi kemudahan untuk mewujudkannya.

Mantapkan Niat dan Cari Info Harga

Kedua, mencari info harga dan memantapkan niat. Saat ini sudah banyak yang menawarkan hewan kurban dengan harga yang beragam. Kambing ditawarkan mulai dari harga Rp 1,9 juta per ekor, sementara sapi Rp14 juta per ekor.

Tentunya harga akan berbeda-beda, tergantung daerah dan lokasi, penjual, maupun lembaga penyalur. Silakan cari hewan yang sehat dan sesuai dengan kondisi keuangan, serta mantapkan niat.

Kecil atau besar ukuran hewan kurban, tentunya akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

Perhatikan Sumber Dana

Ketiga, cek sumber dana. Dengan waktu persiapan yang relatif singkat, tentunya kamu harus lebih cermat. Kamuisa memanfaatkan sisa dana THR yang didapat pada bulan lalu dan juga menggunakan sebagian tabungan.

Namun jika belum mencukupi, pertimbangkan untuk irit pada pos-pos pengeluaran konsumtif, seperti dana yang biasanya digunakan untuk membeli baju, tas, sepatu baru, jajan, dan lain-lain.

Jika niat sangat kuat namun jumlah dananya masih juga kurang, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian atau hobi, seperti memasak atau membuat kopi. Dana darurat juga boleh digunakan, tetapi harus segera Anda isi kembali sesudahnya.

Siapkan Dana untuk Tahun Depan

Keempat, siapkan dana kurban untuk tahun depan. Kurban merupakan pos pengeluaran rutin tahunan yang idealnya dipersiapkan dari jauh hari. Kamu dapat melakukan perencanaan yang lebih matang untuk kurban tahun depan dengan menyisihkan pendapatan dan bonus untuk dana kurban.

Penting sekali meninjau kembali kondisi keuangan, dan melakukan perencanaan keuangan tahunan yang matang, terutama untuk pengeluaran bersifat rutin.

Simpan di Reksa Dana Syariah

Kelima, simpanlah di reksa dana syariah. Reksa dana pasar uang syariah dapat dimanfaatkan untuk menyimpan dana kurban. Reksa dana pasar uang syariah memberikan fleksibilitas untuk menambah investasi atau menarik uang kapan saja tanpa biaya dan jangka waktu tertentu, sehingga memberi fleksibilitas dalam perencanaan keuangan.

Reksa dana pasar uang juga memiliki potensi imbal hasil yang kompetitif dengan deposito perbankan syariah.

Selain itu, reksa dana pasar uang syariah juga bukan objek pajak, dan tentu saja, reksa dana pasar uang syariah dikelola berdasarkan prinsip keuangan syariah.

Semua berawal dari niat. Ketika niat sudah diikrarkan tentunya harus dibarengi dengan usaha yang maksimal. Insya Allah niat berkurban akan tercapai.

(Sumber: Liputan6.com/Arthur Gideon)

Source: dream.co.id

Rekomendasi

Viral Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta di Jual Beli Online

Sepi Peminat, Honda Civic Bakal ‘Disuntik Mati’

Back to Top